Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Perusahaan Retail Terbesar di Indonesia Saat Ini

Sudah tahukah Anda tentang perusahaan retail?. Perusahaan yang melibatkan penjualan jasa dan barang secara langsung kepada konsumen disebut juga sebagai perusahaan retail. Untuk Anda yang penasaran, berikut adalah ulasan perusahaan retail terbesar di Indonesia.

Matahari Department Store

Siapa sih yang belum pernah pergi ke Matahari Department Store? Tidak sedikit masyarakat yang memilih berbelanja di perusahaan retail bidang pakaian ini. Anda pasti pernah berbelanja karena potongan harga yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Matahari Department Store termasuk sebagai perusahaan retail yang menyediakan koleksi fashion untuk anak, fashion untuk wanita, dan fashion untuk pria. Hadirnya kemajuan teknologi juga bisa memudahkan Anda dalam berbelanja, khususnya dalam belanja secara online.

Transmart Carrefour

Perusahaan Transmart Carrefour merupakan perusahaan retail yang bergerak dalam bidang hypermarket. Sejak tahun sembilan tahun yang silam, kepemilikan saham oleh PT Carrefour Indonesia dialihkan menjadi PT Trans Retail.

Tokopedia

Perusahaan retail terbesar di Indonesia yang berikutnya ada Tokopedia. Tokopedia termasuk sebagai perusahaan retail sekaligus perusahaan eCommerce yang terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2020, pangsa pasar perusahaan Tokopedia mencapai 6.465 juta dolar AS. 

Gramedia

Gramedia termasuk perusahaan retail yang menjual beragam alat tulis dan buku yang memiliki nilai konsumen dengan poin 27,4. Anak dari perusahaan Kompas Gramedia ini mendominasi jaringan toko-toko buku yang ada di Indonesia.

Sekitar ada 121 toko Gramedia yang telah tersebar di 52 kota yang ada di Indonesia. Anda bisa mendapatkan buku materi sekolah, referensi, buku agama, kamus, novel, dan jenis buku yang lainnya di retail Gramedia.

Hypermart

Hypermart merupakan perusahaan retail modern dengan target pasar market adalah masyarakat ekonomi kelas menengah yang berkembang. Sudah ada beberapa gerai yang dioperasikan oleh Perusahaan PT Matahari Putra Prima Tbk.

PT Lotte Shopping Indonesia

Lotte Mart adalah perusahaan retail kenamaan Korea Selatan yang dapat Anda jumpai di Indonesia. Perusahaan ini pernah menjadi perusahaan retail nomor satu di tingkat Asia karena memiliki manajemen yang bagus.

Alfamart

Perusahaan retail terbesar di Indonesia yang berikutnya adalah Alfamart. Anda pastinya pernah berbelanja di retail yang satu ini. Banyaknya gerai Alfamart sekitar 15 ribu lebih telah tersebar di hampir wilayah indonesia, khususnya daerah perkotaan.

Total dari pangsa pasar retail Alfamart menembus 5.636 dollar Amerika Serikat. Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Tingginya angka pangsa didukung oleh banyaknya retail waralaba Alfamart.

Indomart

Indomart juga termasuk sebagai perusahaan retail waralaba yang ada di Indonesia. Indomart termasuk sebagai retail terbesar yang dimiliki oleh Salim Group. Banyak gerai Indomart yang tersebar secara merata hampir disebagian wilayah indonesia.

Anda bisa menjumpai gerai Indomart yang berjajar hampir di sepanjang jalan ketika menyusuri kota-kota besar. 

PT Midi Utama

Perusahaan retail PT Midi Utama sebagai pemilik retail Alfa Midi pernah mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan retail terbaik. Perusahaan tersebut berhasil menyabet penghargaan dengan kategori sebagai store based retailing.

Super Indo 

Perusahaan retail Super Indo telah tumbuh sejah tahun 1997. Perusahaan Super Indo berkembang hingga saat ini dengan terjalinnya kerjasama antara Ahold Delhaize (perusahaan Belanda) dengan Salim Group (perusahaan Indonesia).

PT Supra Boga Lestari Tbk

Perusahaan yang disebut dengan Farmer Market memiliki fokus utama perdagangan retail modern. PT Supra Boga Lestari juga termasuk sebagai salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia.