Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Ayam Geprek untuk Jualan yang Lezat

Makan ayam geprek tanpa sambal terasa akan sangat hambar dan berbeda. Oleh karenanya, keberadan sambal menjadi sangat penting dan paling menentukan usaha ayam geprek bisa berjalan atau tidak. Berikut ini beberapa resep sambal ayam geprek untuk Jualan agar usaha semakin laris.

Sambal Bawang

Sambal bawang menjadi salah satu pilihan untuk disandingkan dengan ayam geprek. Anda harus berhati-hati saat membuat sambal bawang karena dapat menimbulkan bau langu jika salah mengolah. 

Cara untuk menghindari bau langu dari bawang adalah dengan ditumis dulu sampai teksturnya terasa lembek dan warnanya berubah. Setelah itu Anda bisa menguleknya bersama cabe rawit, dan cabe merah. Tambahkan sedikit garam dan gula agar terasa lebih sedap.

Sambal Cabai Hijau

Sambal yang biasa ditemui pada masakan Padang ini nyatanya juga cocok dan nikmat disandingkan dengan ayam geprek. Bahan baku pembuatan sambal cabai hijau antara lain cabai rawit, cabai hijau besaar, bawang merah, bawang putih, tomat ijo, dan air perasan jeruk nipis.

Ciri khas sambal cabai hijau adalah bahan-bahannya yang dikukus terlebih dahulu. Tujuan pengukusan tersebut yakni untuk melunakkan tekstur dan mengeluarkan aroma alami dari setiap rempah-rempah secara maksimal.

Sambal Bajak

Rekomendasi resep sambal ayam geprek untuk jualan nomor 3 yaitu sambal bajak yang berasal dari Jawa Timur. Bahan-bahan untuk membuat sambal ini adalah cabai merah keriting, cabai rawit, bawang, merah, terasi, dan beberapa bahan lainnya.

Sambal bajak sering dihidangkan dalam keadaan matang atau sudah digoreng. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan yang mengeluarkan bau langu jika tidak dimatangkan terlebih dahulu. Saat sudah digoreng, rasa sambal bajak akan lebih menyatu dengan ayam goreng.

Sambal Terasi

Bagi pecinta aromatik menonjol, Anda bisa menambahkan sambal terasi pada hidangan ayam geprek. Bahan-bahan yang diperlukan pun terbilang mudah didapat, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan terasi tentunya.

Agar aroma terasi keluar secara sempurna, panaskan diatas bara api 2-3 menit. Anda juga bisa menumisnya langsung bersama bumbu lainnya agar lebih menyatu. Campurkan sambal teasi dengan ayam. Resep sambal ayam geprek untuk jualan ini akan membuat bisnis Anda mudah diingat konsumen. 

Sambal Tomat

Sambal tomat juga masuk dalam rekomendasi pendamping ayam geprek yang serasi dan tak kalah lezat dengan sambal lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan sambal terasi, hanya saja komposisi cabainya bisa dikurangi agar tidak terlalu pedas.

Goreng terlebih dahulu semua bahan sebelum diulek di cobek. Tambahkan terasi agar aroma lebih kuat dan menggugah selera. Anda juga bisa menambahkan air perasan jeruk nipis guna menambah rasa segar dari sambal tomat.

Sambal Matah

Pilihan resep sambal ayam geprek untuk jualan nomor 6 adalah sambal matah dari Bali. Mengingat sambal matah merupakan sambal mentah, Anda perlu mencuci bawang di air mengalir terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan aroma langu.

Setelah bawang benar-benar bersih dan tidak meniinggalkan bau menyengat, Anda bisa meremas keseluruhan bahan untuk menyatukan aroma dan tekstur. Langkah terakhir yakni mencampurkannya dengan ayam goreng yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sambal Dabu-dabu

Rekomendasi resep sambal pendamping ayam geprek yang terakhir yakni sambal dabu-dabu.  Sambal yang terbuat dari cabai merah, cabai hijau, tomat, bawang merah, dan jeruk nipis tersebut memiliki rasa nikmat dan unik.

Tamabahkan potongan belimbing wuluh untuk membuat sambal dabu-dabu terasa lebih segar. Seperti sambal matah, sambal dabu-dabu merupakan sambal yang dihidangkan dalam kondisi mentah. Anda cukup mencampurkan semua bahan diatas kemudian balurkan ke ayam goreng.