Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ayam Geprek untuk Jualan, Mudah dan Banyak Disukai

Ayam geprek merupakan makanan kekinian yang banyak disukai orang. Selain karena rasanya yang unik dan nagih, harga per porsinya pun sangat terjangkau. Berikut ini beberapa resep ayam geprek untuk jualan agar banyak pelanggan ketagihan dan usaha cepat berkembang.

Ayam Geprek Sambal Bawang Putih

Pilihan resep yang pertama adalah ayam geprek sambal bawang putih. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan mudah ditemukan. Komponen utama yang harus Anda siapkan yaitu ayam seberat 500 g, garam 1 ½ sdt, dan merica bubuk ½ sdt..

Cara Pembuatannya

Langkah pertama yaitu diamkan ayam pada campuran bumbu celup yang terdiri dari air es, bawang putih, dan tepung terigu selama 30 menit. Sembari menunggu ayam tersebut, buatlah bahan pelapis yang terdiri dari tepung terigu 200 g, tepung maizena 200 g, garam 1 sdt, dan baking powder 1 sdt.

Masukkan ayam ke dalam adonan tersebut dan lumuri sampai rata. Goreng dengan minyak panas sampai warna kecoklatan. Langkah terakhir yaitu ulek sambal bawang putih kemudian geprek bersama ayam agar sambal meresap sampai ke dalam daging.

Ayam Geprek Saus Pedas

Resep ayam geprek untuk jualan selanjutnya adalah ayam geprek saus pedas. Gunakan 1 ekor ayam negeri dan 2 bungkus tepung ayam. Jangan lupa menyiapkan air dingin sebagai perekat ayam dan tepung agar lebih menyatu dengan maksimal.

Cara Pembuatannya

Langkah pertama yaitu siapkan 2 wadah untuk membagi tepung dalam 2 bagian. Bagian pertama untuk adonan basah dan adonan kedua untuk adonan kering. Lumuri ayam dengan adonan basah, kemudian balur dengan adonan kering agar lebih crispy.

Goreng ayam hingga warnanya berubah kecoklatan. Selanjutnya, uatlah sambal atau saus pedasnya. Bahan yang dibutuhkan antara lain; cabai rawit, bawang putih, kemiri, kacang mee goreng, minyak sayu, gula , dan garam. Ulek semua bahan tersebut kemudian geprek ayam di wadah yang sama.

Ayam Geprek Sambal Matah

Ayam geprek sambal matah juga menjad pilihan resep ayam geprek untuk jualan yang memilki peluang besar. Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu daging ayam, bawang putih, tepung terigu, tepung maizena, merica bubuk, garam, kaldu bubuk, dan air dingin secukupnya.

Cara Pembuatannya

Diamkan ayam di air dingin dan campuran bawang putih, merica, serta garam. Sembari menunggu bumbu meresap, buat adonan basah dan kering dengan komposisi yang sama. Bahan untuk lapisan pembungkus adalah tepung terigu, tepung maizena, kaldu, dan merica bubuk.

Balurkan ayam ke dalam bumbu basah dan kering, kemudian goreng dalam minyak panas. Setelah itu buat sambal matah berbahan dasar bawang merah, bawang putih, cabai, air perasan jeruk, dan garam. Geprek ayam yang sudah matang di atas sambal matah tersebut.

Ayam Geprek Sambal Ijo

Resep ayam geprek untuk jualan selanjutnya adalah ayam geprek sambal ijo. Siapkan daging ayam, bawang putih, lada bubuk, garam, dan kaldu bubuk. Siapkan pula telur ayam, tepung terigu, tepung maizena, dan kaldu bubuk sebagai pelapis ayam.

Cara Pembuatannya

Sayat ayam agar bumbu lebih meresap, kemudia lumuri dengan bawang putih halus, lada bubuk, dan garam. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, serta kaldu bubuk sebagai adoan pelapis keringnya. Balurkan ayam ke dalam telur dan adonan kering dan remas-remas hingga merata.

Goreng ayam yang sudah dilumuri bumbu pelapis sampai berwarna kecoklatan. Selanjutnya buat sambal dengan bahan cabe rawit hijau, bawang putih, ½ sdt gula pasir, dan ½ sdt garam. Setelah sambal jadi, geprek ayam bersama sambal ijo tersebut dan siap dihidangkan.