Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Usaha Mie Ayam Rumahan untuk Pemula

Melangkah untuk memulai suatu usaha memang membutuhkan effort dan perjuangan yang lebih apalagi jika usaha yang dibangun merupakan bisnis kuliner rumahan. Berikut terdapat beberapa cara memulai usaha mie ayam rumahan yang dapat dipraktikkan untuk mengawali usaha Anda. 

Temukan Resep Terbaik 

Memulai usaha kuliner berupa mie ayam memang memiliki tantangan tersendiri karena sudah menjadi usaha yang banyak ditemui di sekitar. Hal ini tentu mambuat pelaku usaha yang baru merintis usahanya harus mampu menemukan resep terbaik dengan signature yang khas. 

Anda dapat melakukan berbagai trial and error untuk menemukan resep mie ayam terbaik dengan bantuan orang-orang sekitar untuk mencicipi resep tersebut. Melalui kegiatan ini, Anda dapat memperoleh berbagai macam masukan untuk meningkatkan kualitas dari resep mie ayam tersebut. 

Tentukan Target Pembeli 

Mie ayam memang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Namun, memastikan target pembeli yang tepat merupakan cara yang paling efisien untuk memulai usaha mie ayam rumahan. Cara ini diharapkan mampu menjadi proyeksi bagi Anda untuk menentukan tampilan fisik dari mie ayam. 

Apabila Anda menargetkan pembeli dari kalangan pekerja tentu porsi mie ayam akan berbeda daripada porsi mie ayam untuk pelajar. Begitupun dengan range harga mie ayam yang Anda patok harus sesuai dengan target pembeli yang sudah Anda tentukan. 

Temukan Lokasi yang Cocok 

Memilih lokasi untuk memulai berjualan mie ayam memang hal yang penting. Pasalnya, lokasi untuk menjual mie ayam menjadi penentu apakah mie ayam rumahan Anda dapat dibeli dengan mudah atau tidak. Selain itu, lokasi berjualan juga harus berada pada tempat yang strategis dan bersih. 

Lokasi berjualan mie ayam juga harus memperhatikan target pembeli yang telah ditentukan agar tepat sasaran. Hal ini juga dapat meningkatkan frekuensi pembelian mie ayam yang baru saja dibuka. 

Tentukan Langkah Promosi Produk 

Ketika Anda baru membuka usaha mie ayam rumahan, tentu produk kuliner yang ditawarkan belum diketahui oleh banyak orang. Hal ini pasti membuat Anda berfikir dengan keras bagaimana agar mie ayam tersebut mulai dilirik oleh orang-orang yang melintas disekitar tempat berjualan. 

Cara yang dapat dilakukan untuk menarik pembeli pertama adalah melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan dengan pemotongan harga mie ayam ataupun memberi minum berupa es teh secara gratis. Promosi dapat dilakukan dengan menempelkan banner atau membagikan di sosial media. 

Kegiatan promosi ini tentu akan menarik para pembeli dan disampaikan dengan komunikatif. Pembeli pasti akan kembali lagi untuk makan mie ayam rumahan ini dengan catatan rasa mie ayam harus lezat. Tempat berjualan yang Anda tempati juga harus tetap bersih dan nyaman untuk makan. 

Lakukan Inovasi Produk 

Produk mie ayam yang sudah mulai terkenal oleh banyak orang tentu harus segera dilakukan inovasi-inovasi terbaru pada produk tersebut. Inovasi produk ini dapat dilakukan dengan meningkatkan cita rasa dan menambahkan variasi pilihan mie ayam yang bisa dipilih oleh pembeli. 

Apabila di awal kemunculan hanya menjual mie ayam original dengan pangsit, maka Anda dapat menambahkan mie ayam pangsit tersebut dengan bakso. Anda juga dapat membuat menu baru mie ayam pangsit dengan ceker. Menu yang lain juga dapat dicoba dengan tambahan tetelan daging sapi. 

Pembeli juga bisa diperbolehkan untuk request tambahan mie ayam tersebut jika menginginkan semua jenis varian. Hal ini tentu akan membuat usaha mie ayam rumahan Anda menjadi lebih berkembang dan semakin dikenal oleh banyak orang.