Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Pekerjaan Marketing dengan Prospek Tinggi Saat Ini

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, saat ini kian banyak jenis pekerjaan marketing yang bisa dijadikan sebagai peluang. Apalagi saat ini banyak lini bisnis yang membutuhkan marketing handal untuk mencapai target market. Berikut ini referensi 10 jenis bidang pekerjaan marketing.

Digital Marketing Consultant

Jenis pertama adalah digital marketing consultant yang cocok dipilih apabila ingin memiliki jam kerja fleksibel. Tugas utama dari seorang digital marketing consultant adalah memberikan masukan kepada tim dan divisi pemasaran guna meningkatkan kualitas kerjanya.

Selain itu, pekerjaan ini juga memiliki tanggungjawab menganalisis bagaimana pemasaran yang efektif sesuai dengan model bisnis. Pekerjaan marketing yang satu ini harus didukung dengan pengalaman mumpuni agar bisa mengikuti perkembangan marketing saat ini.

Account Executive

Contoh pekerjaan marketing selanjutnya, yaitu account executive yang bertugas mempresentasikan produk kepada klien agar tertarik melakukan pembelian. seorang accout executive harus memiliki kemampuan komunikasi mumpuni secara verbal agar klien percaya, sehingga perusahaan untung.

Sosial Media Specialist

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat juga membuat pekerjaan di bidang marketing harus mengikuti perkembangannya. Sosial media specialist medupakan pekerjaan yang memiliki tugas utama menganlisis tren sosmed saat ini.

Hasil analisis tersebut dijadikan sebagai dasar untuk menyusun pola marketing dengan menciptakan konten yang menarik dan unik. Sosial media specialist berperan untuk menjangkau target pasar secara luas dengan mengadakan berbagai event menarik di sosmed.

Copywriter

Rekomendasi berikutnya pekerjaan marketing adalah copywriter yang berkaitan dengan kemampuan mengolah tulisan atau kata dengan bahasa semenarik mungkin. Tugas seorang copywriter adalah membuat konten dalam bentuk tulisan secara persuasif untuk branding produk dan menarik konsumen.

Product Marketing

Product markting merupakan bidang pekerjaan yang memiliki tugas utama untuk mempromosikan perusahaan dan produk. Divisi ini bertanggungjawab untuk merancang strategi pemasaran yang baik, sehingga bisa positioning produk dengan baik di pasaran.

Brand Marketing

Jenis pekerjaan marketing yang satu ini memiliki tugas membranding perusahaan dengan menarik agar memiliki citra baik di depan konsumen. Bagian brand marketing harus memiliki skill komunikasi yang baik guna meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan.

Digital Marketing

Semakin meningkatnya promosi secara online membuat pekerjaan marketing juga merambah ke dunia digital. Divisi digital marketing bertanggungjawab untuk menangani pemasaran menggunakan media online guna mendapatkan lebih banyak perhatian dari target market.

Digital marketing membutuhkan kemampuan dalam SEO agar konten yang dibuat mudah ditemukan oleh audience ketika mencari produk terkait. Selain itu, seorang yang bekerja di bidang ini harus mengikuti tren terkini di masyaakat dan menerapkan pada strategi pemasarannya.

Influencer

Bagi pengguna media sosial tentu sudah tidak asing dengan kata influencer yang umumnya bekerja menggunakan sistem paid promote dan endorse. Influencer merupakan contoh pekerjaan marketing karena membantu untuk mempromosikan produk kepada pengikutnya.

Kelebihan dari bekerja di bidang marketing sebagai influencer adalah bisa dikerjakan tanpa datang ke kantor serta jam kerja yang lebih fleksibel. Tugas utama influencer adalah mempromosikan prouk melalui media sosialnya, seperti instagram dan youtube misalnya.

Graphic Designer

Graphic designer juga menjadi bagian penting dari pekerjaan marketing karena bertugas membuat konten yang menarik perhatian konsumen. Pekerjaan ini identik dengan software editing, lalu membuat konten yang kreatif dan unik agar tampilan produk terlihat kian membuat penasaran.

Marketing Analyst

Satu lagi bentuk pekerjaan marketing adalah bertugas untuk mengalisis data sesuai dengan kondisi pasar dan merangkumnya dalam bentuk laporan. Selanjutnya, laporan dari marketing analyst akan dijadikan sebagai dasar untuk merancang strategi pemasaran.