Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Brand Makanan Indonesia Paling Populer dan Mendunia

Tahukah Anda jika banyak produk dari Indonesia yang terkenal di dunia, termasuk produk makanan dan olahannya. Berikut ini adalah daftar brand makanan Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional yang bisa Anda ketahui. 

Indomie

Apa lagi brand makanan Indonesia yang paling populer di dunia kalau bukan Indomie. Produk mie instan ini sudah banyak diekspor di berbagai negara di Asia, Amerika, Eropa, hingga Australia. Rasanya memang lezat dan nagih, sehingga Indomie ini memang pantas menjadi selera semuanya. 

Silver Queen

Kalau produk yang satu ini, apakah Anda masih mengiranya sebagai produk luar? Silver Queen ternyata berasal dari Indonesia. Cokelat dengan taburan almond dan mede ini pertama kali diproduksi oleh PT. Petra Foods yang mana didirikan oleh keluarga Chuang. 

Hingga saat ini brand ini masih tetap laris manis di pasaran. Silver Queen terus berinovasi untuk menambah variasi rasa dari coklat yang nikmat karena brand lokal ini bersaing dengan produsen coklat nomor 1 asal Amerika yakni M&M's.

J.Co Donuts and Coffe

Brand donat premium yang banyak ditemui di outlet-otlet mall, yaitu J. Co juga sama. Brand cafe dan resto bernama J. Co Donuts and Coffe ini ternyata berasal dari Indonesia yang didirikan oleh Jhonny Andrean Group pada 2006.

La Fonte

Brand makanan Indonesia selanjutnya yang banyak dikira orang buatan luar negeri adalah La Fonte. Memang dari namanya sudah terdengar seperti khas Italia. Tapi, siapa sangka produk makanan yang memproduksi spagetti, fettucini, makaroni ini adalah asli dari Indonesia. 

La Fonte berdiri dibawah naungan PT. Bogasari. PT. Bogasari sudah didirikan dari tahun 1991 yang pertama kali memproduksi tepung terigu. Produk La Fonte sudah banyak diekspor dan dikenal luas di berbagai negara. 

CFC

Untuk makanan berat ada CFC (California Fried Chicken). Meskipun menyisipkan nama California di dalamnya, ternyata resto ayam ini sebenarnya adalah resto asli dari Indonesia yang dikelola PT. Pioneerindi Gourmet Tbk. CFC ini sudah banyak ditemui di kota-kota di Indonesia sebagai waralaba. 

Hoka-Hoka Bento

Hoka-Hoka Bento juga asli dari Indonesia, bukan dari Jepang. Konsep resto ini memang mengusung makanan khas Jepang. Resto yang dikenal dengan Hokben ini dibawah naungan PT. Eka Bogainti yang didirikan oleh Hendra Arifin di Jakarta. Resto ini juga sudah sangar terkenal. 

Kacang Dua Kelinci

Selanjutnya ada brand makanan Indonesia yang mendunia dari merk snack atau makanan ringan. Ya, kacang Dua Kelinci dari PT. Dua Kelinci ini mulai mendunia sejak kerja sama dengan tim sepak bola Real Madrid dalam salah satu iklannya. 

Taro

Satu lagi merk snack yang populer di dunia yakni Taro. Taro diproduksi oleh PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk. Varian rasa keripik yang gurih seperti italian pizza, cheese blast, dan seawess membuat makanan ringan ini banyak diterima di luar negeri. 

Mariza Foods

Brand makanan terakhir asli Indonesia yang banyak diekspor ke luar negeri adalah Mariza Foods. Mariza Foods memproduksi selai rasa cokelat dan buah-buahan. Selain itu Mariza Foods juga memproduksi kue lapis legit yang banyak beredar di Indonesia.

Semua brand makanan Indonesia di atas pastinya sudah tidak asing di telinga. Beberapa dari nama-nama produk tersebut bahkan seringkali dianggap berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, kita wajib bangga dengan berkembangnya produk lokal yang mampu bersaing dengan market luar.