Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Cara Menjadi Distributor Alat Kesehatan Lengkap

Bisnis distributor alat kesehatan memerlukan beberapa tahapan agar usaha Anda bisa berkembang dan maju. Lalu, bagaimana cara menjadi distributor alat kesehatan yang baik dan bisa berkembang pesat? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Meyiapakan Modal

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum membuka bisnis alat kesehatan tentu saja adalah sejumlah modal. Anda bisa menanyakan kisaran jumlah modal awal yang perlu disiapkan untuk membangun ini kepada rekan distributor alat kesehatan lainnya.

Modal yang perlu disiapkan pada bisnis ini kisaran nominalnya memang tergolong besar, sehingga Anda harus memperkirakannya dengan baik. Hal ini karena seperti yang sudah diketahui secara umum bahwa harga alat kesehatan per itemnya saja sudah tergolong mahal.

Anda bisa mendapatkan modal dari dana pribadi atau mengajak kerjasama perusahan lain untuk berinvestasi. Pertimbangkan dari mana asal modal yang akan digunakan untuk membangun bisnis ini karena akan berpengaruh dengan perhitungan keuangan di kemudian hari.

Melakukan Riset Pabrik Alat Kesehatan

Cara menjadi distributor alat kesehatan selanjutnya adalah melakukan riset agar menemukan supplier yang tepat. Pada bisnis ini Anda harus mencari supplier yang menyediakan alat kesehatan berkualitas, sehingga akan menarik perhatian pelanggan.

Produk alat kesehatan yang berkualitas dari supplier memang mempunyai harga lebih tinggi, namun ini akan lebih baik untuk membangun kepecayaan pelanggan. Di samping itu, jangan lupa untuk menentukan apa saja jenis alat kesehatan yang akan dijual serta memperkirakan target pasar.

Pada umumnya, dalam satu supplier atau pabrik sudah menyediakan banyak alat kesehatan yang digunakan untuk kebutuhan perawatan di rumah atau tenaga profesional. Anda hanya perlu membuat list apa saja alat kesehatan yang ingin dipasarkan.

Melakukan Penentuan Lokasi Usaha

Riset selanjutnya yang perlu dilakukan adalah penentuan lokasi usaha untuk membuka tempat bisnis distributor alat kesehatan. Anda bisa melakukan riset mengenai ruko yang disewakan dengan lokasi strategis, sehingga nantinya toko distributor alat kesehatan tersebut bisa dilihat banyak orang.

Pada saat melakukan riset lokasi usaha ini jangan lupa untuk memperhatikan luas dari bangunan yang akan digunakan. Tujuannya adalah semua alat kesehatan yang ingin dijual bisa tertata rapi dan membuat pelanggan menjadi nyaman ketika mengunjunginya.

Apabila Anda sudah memiliki bangunan sendiri, maka hal yang perlu dilakukan adalah melakukan penataan. Pastikan bahwa Anda menata interior dan eksterior tersebut sesuai dengan toko distributor alat kesehatan yang bisa menarik perhatian pelanggan.

Mengurus Perizinan

Cara menjadi distributor alat kesehatan selanjutnya adalah mengurus perizinan agar bisnis Anda aman dijalankan sesuai dengan hukum. Mengurus perizinan ini memerlukan serangkaian prosedur, yaitu yang pertama adalah mengajukan surat permohonan kepada dinas kesehatan daerah tersebut.

Pihak dinas kesehatan membutuhkan waktu sekitar 12 hari untuk menanggapi perizinan tersebut, lalu akan datang ke tempat Anda dengan tujuan mengecek kelengkapan bisnis. Kelengkapan ini antara lain adalah keterangan domisili, surat ijin usaha, NPWP, adminsitrasi toko, dan prasarana.

Tahapan berikutnya, pertugas pemeriksanaan membuatkan BAP dan laporan keputusan apakah bisa memberikan izin usaha atau tidak. Setelah surat ditanda tangani oleh dinas kesehatan setempat, maka Anda baru bisa menjalankan bisnis distributor alat kesehatan secara legal.

Melakukan Promosi atau Pemasaran

Setelah menyelesaikan serangkaian proses untuk mendirikan bisnis distribusi alat kesehatan tersebut, maka saatnya untuk melakukan promosi dan pemasaran. Sebagai bisnis yang baru buka, Anda bisa menawarkan diskon grand opening agar pelanggan bisa mampir ke tempat Anda.

Promosi dan pemasaran ini juga bisa memanfaatkan sosial media yang saat ini juga maraka digunakan oleh berbagai macam kalangan. Anda harus bersungguh-sungguh dalam promosi karena merupakan salah satu faktor penting untuk menarik perhatikan pelanggan.

Memberikan Layanan Terbaik

Layanan terbaik adalah cara menjadi distributor alat kesehatan yang terakhir agar pelanggan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam bertransaksi. Pelayanan terbaik ini tidak harus Anda berikan terutama saat sedang sibuk, melainkan bisa merekrut karyawan.

Pada saat merekrut karyawan ini juga tidak boleh dilakukan dengan menerima sembarang orang yang melamar. Anda perlu mencari calon karyawan yang mengerti seputar alat kesehatan agar bisa menjelaskannya dengan baik pada pelangga.