Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Perusahaan Jasa Terbesar Di Indonesia di Berbagai Bidang

Perusahaan jasa di Indonesia semakin lama semakin berkembang seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. Perusahaan jasa terbesar di Indonesia yang terdaftar di BEI, memberikan layanan di beberapa sektor kebutuhan publik.

Layanan yang diberikan oleh perusahaan jasa meliputi bermacam-macam sektor yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya adalah bidang properti, konstruksi, telekomunikasi, asuransi, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah daftar beberapa perusahaan jasa yang ada di Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (Persero)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) perusahaan jasa di bawah naungan BUMN. Perusahaan jasa ini bergerak di bidang keuangan yang memberikan layanan pembayaran tagihan publik, dan pengiriman uang dalam bentuk mata uang rupiah dan valas ke Bank lain.

Bank Mandiri (Persero)

Bank Central Asia (BCA) juga merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang keuangan. BCA merupakan bagian dari Salim Group, dan sebagian saham perusahaan ini dimiliki oleh PT. Djarum, produsen rokok terbesar di indonesia.

Bank Negara Indonesia (Persero)

Hampir sama dengan perbankan lainnya, Bank Negara Indonesia (Persero) juga merupakan perusahaan yang memberikan jasa layanan keuangan. BNI memberikan layanan penyimpanan dana dan juga memberikan fasilitas pinjaman pada segmen besar, menengah, dan juga pada segmen kecil. 

Telekomunikasi Indonesia (Persero)

Perusahaan jasa yang melayani kebutuhan masyarakat di bidang komunikasi adalah Telekomunikasi Indonesia (Persero). Perusahaan yang dikenal dengan PT. Telkom Indonesia ini memiliki aset besar, yaitu 221,21 triliun rupiah. 52,09 % sahamm dimiliki pemerintah Indonesia, dan sisanya dimiliki umum.

Jasa Marga (Persero)

Untuk layanan di bidang inftrastruktur, seperti pembangunan jalan tol, bandara udara, pelabuhan, dan juga infrastruktur lainnya. Jasa Marga (Persero) merupakan salah satu perusahaan jasa terbesar di Indonesia. Asset yang dimiliki perusahaan ini sebesar 99, 68 triliun rupiah.

Garuda Indonesia (Persero)

Di bidang sarana transportasi, terdapat perusahaan jasa Garuda Indonesia (Persero). Garuda Indonesia adalah perusahaan penerbangan milik pemerintah dengan aset sebesar 4,46 miliar dolar AS, dan melayani jasa transportasi dalam dan luar negeri.

Waskita Karya (Persero)

Salah satu perusahaan jasa di bidang properti yang memiliki aset besar adalah Waskita Karya (Persero). Aset yang dimiliki perusahaan ini adalah sebesar 122,59 triliun rupiah. Selain bergerak di bidang properti, pemilik anak perusahaan PT Waskit Beton Precast ini juga menyediakan layanan konstruksi bangunan. 

Wijaya Karya (Persero)

Perusahaan jasa di bidang properti dan real estate , serta pembangunan gedung yang juga memiliki aset besar adalah Wijaya Karya (Persero),Tbk. Perusahaan ini menyediakan layanan di bidang pembangunan real estate, serta berbagai proyek properti lainnya dengan saham sebesar 65,05 dimiliki pemerintah.

Bumi Serpong Damai, Tbk

Seperti namanya, Bumi Serpong Damai, Tbk merupakan perusahaan jasa di bidang pembangunan kawasan hunian. Salah satu proyek besar yang sudah dikerjakan adalah pembangunan hunian di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Sumber Alfaria Trijaya,Tbk.

Perusahaan jasa ini memberikan layanan jasa berupa pendistribusian barang ke konsumen. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk mengoperasikan jaringan mini market yang dikenal dengan nama Alfamart. Saham kepemilikan dimiliki langsung berdasarkan perjanjian waralaba yang dibuat.

United Tractor, Tbk

Perusahaan jasa terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang pendistribusian barang, makanan, dan sejenisnya, contohnya adalah United Tractor,Tbk. Sebagai perusahaan jasa, United Tractor,Tbk juga menjual sahamnya ke publik. 

MNC Investama, Tbk

MNC Investama, Tbk lebih populer dengan nama MNC Corporation. Perusahaan ini menyediakan jasa diberbagai bidang media, finansial, properti,dan sumber daya alam. Denfan aset sekitar 57 triliun rupiah, perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional dengan dengan menjual saham ke publik.

Sarayoga Investama Sedaya, Tbk

Perusahaan ini adalah perusahaan jasa di bidang investasi yang didirikan oleh perorangan. Jasa layanan yang diberikan berupa layanan substantif di bidang keuangan, manajemen dan juga pemasaran yang penting untuk menopang pertumbuhan perusahaan.

Global Mediacom, Tbk

Ini adalah perusahaan jasa di bidang investasi. Perusahaan ini melayani jasa ke masyarakat berupa jasa investasi. Melalui perusahaan ini, masyarakat mendapatkan kemudahan untuk berinvestasi ke berbagai perusahaan. Aset yang dimiliki Global Company adalah sebesar 30,15 triliun rupiah.

Kepemilikan saham salah satu perusahaan jasa terbesar di Indonesia, sebagian besar merupakan milik pemerintah, dan sebagian lainnya merupakan milik pubilik. Namun demikian, tujuan dari perusahaan-perusahaan tersebut adalah memberikan layanan jasa kepada masyarakat.