Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Usaha Berbasis Teknologi yang Prospek untuk Saat Ini

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadikannya sebagai sebuah usaha. Contoh usaha berbasis teknologi berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk menjadikannya menjadi sebuah sumber penghasilan.

Di Indonesia sendiri usaha di bidang teknologi belum begitu banyak yang menggelutinya. Dengan demikian memilih usaha ini bisa diharapkan akan meraih sukses karena masih sangat rendah tingkat persaingannya. Contoh usaha yang menggunakan teknologi di dalamnya, diantaranya adalah.

Web Development

Web bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya, terutama dalam sebuah bisnis. Fungsinya untuk meningkatkan krediblitas, mengenalkan profil dan juga bisa sebagai media promosi dan komunikasi. Memiliki keahlian dalam pembuatan web, juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar. 

Startup Produk IT

Kemampuan merintis usaha dalam bidang teknologi atau digital, juga bisa menjadi ladang bisnis. Dalam hal ini, menguasai teknik pemrograman, desain, strategi pemasaran, konten marketing dan SEO, bisa menjadi modal awal untuk menggeluti bisnis Startup Produk IT ini.

Jasa Desain Grafis

Keahlian lainnya di bidang teknologi yang bisa menjadi modal usaha dan menghasilkan uang adalah desain grafis. Tidak semua orang memiliki keahlian dalam hal desain. Karenanya, tidak heran, jika bisnis ini bisa memberikan penghasilan yang cukup tinggi, demikian juga prospeknya.

Produk IT Solution

Contoh usaha di bidang teknologi yang lainnya adalah produk IT Solution. Ini adalah usaha di bidang jasa penjualan produk IT. Misalnya seperti pemasangan CCTV, jasa servis perangkat IT, penjualan software, alarm, serta produk IT lainnya yang banyak dibutuhkan dan diminati masyarakat.

Bisnis produk IT Solution ini juga cukup menjanjikan karena banyak perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan jasa ini. Dengan mengandalkan pengetahuan tentang produk, serta memiliki kemampuan dalam penjualan, usaha ini sudah bisa dijalankan.

Blogger 

Memiliki kemampuan menulis, bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Caranya adalah dengan membuat tulisan pada blog, serta melakukan monetisasi atau mengelola blog dengan melakukan afiliasi, menjual slot iklan, maupun model monetisasi lainnya.

Seperti diketahui, sebuah blog  yang bisa menyajikan konten berkualitas, akan menarik banyak orang untuk mengunjungi blog tersebut. Semakin menarik konten yang dibuat, akan semakin banyak yang akan berkunjung ke blog yang dibuat. Dengan ini, akan semakin besar pula penghasilan dan keuntungan yang didapatkan. 

Membuat Software

Bisnis membuat software belum terlalu banyak yang menguasai. Tetapi, bisnis ini bisa menjadi salah satu dari contoh usaha berbasis teknologi yang berpeluang sukses, karena kebutuhan software juga semakin meningkat. Dengan catatan, buat software yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Membuat Aplikasi Mobile

Memiliki keahlian membuat aplikasi, juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pundi-pundi dengan berbasiskan teknologi. Keahlian ini bisa dipelajari secara otodidak, dan memiliki peluang sukses yang sangat besar, mengingat besarnya kebutuhan berbagai jenis aplikasi di era ini.

Menjadi Youtuber

Jika memiliki kemampuan membuat berbagai konten menarik, sebaiknya jangan jadikan sebagai hobi atau kesenangan saja. Banyak orang terkenal dan menjadi kaya raya dengan menjadi youtuber dan hanya bermodalkan kemampuan membuat konten yang menarik. 

Menjadi youtuber bisa dimulai dengan membuat konten dan mengunggahnya di media sosial. Semakin banyak yang menyaksikan konten yang dibuat, maka akan semakin besar pendapatan yang diterima. Apalagi bila konten yang dibuat disematkan banyak iklan di dalamnya.

Jasa Digital Marketing

Dengan berkembangnya bisnis yang dijalankan secara online, maka jasa layanan digital marketing juga memiliki peluang besar untuk sukses. Kemampuan di bidang ini bisa digunakan untuk membantu pebisnis dalam mencapai target bisnis yang diinginkan, dan tentunya bisa menghasilkan uang.

Agensi Pembuatan Artikel dan Konten

Memiliki sedikit modal yang memadai, serta memiliki kemampuan dalam pembuatan artikel? Jika iya, ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha layanan pembuatan artikel. Bisnis ini bisa dilakukan dengan merekrut beberapa tim, dan menerima pesanan artikel dan konten dari berbagai perusahaan.

Masih banyak usaha yang bisa dibangun dengan bermodalkan kemampuan di bidang teknologi. Salah satu dari  contoh usaha berbasis teknologi di atas semoga bisa menjadi inspirasi untuk bisa membangun sebuah bisnis, dan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.