Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menjalin Kerjasama dengan Perusahaan Lain dalam Bisnis

Menjalin kerjasama dengan perusahaan lain saat baru merintis bisnis adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk memajukan usaha Anda. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara menjalin kerjasama dengan perusahaan lain.

Memastikan Kebutuhan Secara Jelas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apa saja kebutuhan antar kedua belah pihak dalam kerjsama tersebut. Kebutuhan yang jelas ini perlu didiskusikan dengan mitra sebelum melakukan pendandatangan kontrak agar di kemudian hari tidak menjadi masalah.

Beberapa kebutuhan yang mungkin diperlukan perusahaan ketika menjalin kerjasama antara lain adalah tenaga ahli tertentu, memperluas jaringan, atau modal. Rincian kebutuhan ini memang tidak selalu diungkapkan secara langsung, namun akan lebih baik jika Anda menggalinya terlebih dahulu.

Setiap perubahan rencana atau keinginan perusahaan Anda dan mitra harus diungkapkan dan ditulis. Di samping itu, jangan lupa untuk menyiapkan rencana cadangan lainnya yang berhubungan dengan kepentingan pribadi dan perusahaan mitra guna meminimalisir potensi kegagalan.

Memulai dengan Visi Misi Bersama

Pada saat ingin menjalankan suatu bisnis dengan menggandeng perusahaan lain untuk diajak kerjasama, maka merumuskan visi dan misi adalah hal penting. Kedua perusahaan harus mendiskusikan visi dan misi yang akan diangkat bersama.

Selanjutnya, bisnis kerjasama tersebut baru bisa dilaksanakan apabila kedua belah pihak sudah mempunyai kesepakatan visi dan misi. Pembentukan visi misi ini harus dilandasi dengan kebutuhan kedua pihak yang bekerjama, sehingga pada akhirnya tujuannya bisa tercapai.

Manfaat visi dan misi pada kerjasama perusahaan adalah menjadi salah satu sumber motivasi guna menjalankan bisnis dan membuat inovasi baru. Visi dan misi juga menjadi landasan apabila kedua perusahaan yang bekerjasama ingin mengambil suatu keputusan.

Mengidentifikasi Keunggulan Mitra

Cara menjalin kerjasama dengan perusahaan lain yang selanjutnya adalah mengidentifikasi keunggulan mitra. Setiap perusahaan tentu saja mempunyai spesialisai dan keunggulannya masing-masing yang menonjol. Hal inilah yang perlu perusahaan Anda identifikasi dari mitra kerjsama tersebut.

Identifikasi keunggulan ini dilakukan dengan cara berdiskusi antara dua perusahaan yang akan menjalin kerjasama. Selanjunya, keunggulan masing-masing pihak perlu dicatat untuk selanjutnya dianalisis bersama agar memudahkan dalam menjalankan kerjasama.

Kedua perusahaan yang menjalin kerjasama harus jujur mengenai keunggulan masing-masing agar menambah motivasi dalam menjalankan bisnis. Tujuannya adalah untuk meraih kesuksesan dalam jangka panjang apabila keunggulan perushaan tersebut bisa bermnfaat satu sama lain.

Menetapkan Tujuan Individu dan perusahaan

Menetapkan tujuan bersama adalah cara menjalin kerjasama dengan perusahaan lain yang perlu dirumuskan secara bersama. Tujuan ini akan mencapai ekspektasi keberhasilan kerjasama, sehingga harus dibuat secara tersusun dan terstruktur dengan baik.

Tujuan yang ditetapkan kedua belah pihak ini pada umumnya akan mengalami pembaharuan seiring dengan berjalannya waktu pelaksanaan kerjasama tersebut. Pada saat menentukan tujuan ini, Anda dan mitra juga harus menetapkan tanggung jawab masing-masing.

Penetapan tujuan ini dilakukan berlandaskan kebutuhan antara kedua belah pihak dan semua dicantumkan secara tertulis. Selanjutnya perusahaan Anda dan mitra yang bekerjasama harus berkomitmen untuk mmelaksanakan tugas agar bisa mencapai tujuan bisnis tersebut.

Menentukan Peran Kerja

Peran kerja mempunyai bagian penting dari kerjasama untuk menentukan tanggung jawab masing-masing pihak. Kejelasan peran kerja ini berguna agar kedua perusahaan tidak bingung dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Setelah menentukan peran kerja, Anda dan perusahaan mitra juga perlu mendiskusikannya untuk menjelaskan pembagiannya dengan jelas. Kedua perusahaan yang bekerjasama ini juga bisa merekrut seorang ahli untuk melakukan pembagian peran kerja tersebut.

Melengkapi Kekurangan Mitra

Satu lagi cara menjalin kerjasama dengan perusahaan lain adalah melengkapi kekurangan mitra. Setiap perusahaan tidak hanya mempunyai keunggulan atau spesialisasi saja, melainkan juga memiliki kekurangan yang perlu diperhitungkan.

Oleh sebab itu, dalam menjalankan kerjasama ini kedua perusahaan harus saling melengkapi kekurangan mitranya. Tujuannya adalah agar kerjasama yang dibangun tersebut bisa berjalan dengan tetap stabil tanpa terkendala dengan kekurangan mitra.

Cara untuk melihat kekurangan satu sama lain ini adalah dengan cara melakukan brainstorming dengan tim. Langkah ini bertujuan agar Anda dan mitra bisa mengetahui kekurangan satu sama lain, lalu daoat memperoleh solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.