Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Usaha Modal Di Bawah 10 Juta yang Mudah Dijalankan

Sebuah usaha tentu memerlukan modal. Modal sekecil apapun jika Anda bisa mengaturya, pasti bisa menjalankan usaha tersebut. Kali ini akan dijelaskan apa saja usaha modal di bawah 10 juta yang bisa dicoba bagi Anda yang ingin berbisnis.

Dana 10 juta sebenarnya sudah cukup untuk mendirikan usaha, karena usaha dengan modal di bawah itu juga ada banyak. Namun, modal menentukan golongan jenis usaha yang dijalankan. Berikut adalah jenis-jenis usaha yang memiliki budget sekitar di bawah 10 juta.

Warung Kopi

Usaha pertama yang bisa dicoba adalah membuka warung. Bisa warung makan dan warung kopi. Dengan modal 10 juta, Anda sudah bisa menyiapkan berbagai bahan dan peralatan warung. Pilih juga lokasi yang ramai namun menawarkan harga sewa yang murah. 

Warung kopi disini menjadi pilihan yang menjanjikan. Pasalnya kebutuhan modal relatif kecil, tapi hasilnya bisa berlipat-lipat. Anda hanya butuh area yang cukup luas dan nyaman, serta memberikan fasilitas seperti wifi gratis. 

Bakso

Pilihan warung makan yang bisa dicoba adalah warung bakso. Bakso menjadi makanan favorit yang gurih dan nikmat. Untuk memiliki gerobak bakso, Anda butuh sekitar 2 juta tergantung kualitas dan modelnya.

Sisanya bisa digunakan untuk menyiapkan bahan-bahan dan peralatan seperti meja dan kursi secukupnya. Jika tidak ingin mendirikan di tempat yang tetap, maka bisa menjajakan bakso tersebut secara keliling. 

Ayam Geprek

Warung makan selanjutnya yang bisa dicoba adalah ayam geprek. Siapa yang tidak tahu dengan makanan ini? Dimana-mana ada dan laris manis. Meskipun sudah banyak yang menjual, dijamin dagangan ayam geprek akan selalu laku. 

Hal tersebut karena harga terjangkau dan level pedas yang bervariasi. Tempat usaha juga tidak perlu berlebihan, cukup dirikan di depan rumah jika bisa dilakukan. Hal itu akan jauh menguntungkan karena butuh menyiapkan bahan dan peralatan warung secukupnya. 

Jualan Camilan

Rekomendasi usaha camilan juga menggiurkan, karena modalnya lebih sedikit. Namun, omsetnya bisa berlipat. Jika ada dana, maka bisa bergabung dengan beberapa franchise camilan kekinian. Contohnya saja dimsum, burger dan kebab, brownis, dan beberapa waralaba camilan populer lainnya.

Untuk membeli merk franchise camilan mungkin berkisar 3 jutaan. Sisanya bisa Anda gunakan untuk penyediaan bahan. Dijamin usaha ini akan laku keras karena banyak yang minat akan camilan yang enak dan menggoda. 

Jualan Jus Buah

Rekomendasi berikutnya adalah menjual jus buah atau aneka minuman kekinian. Anda hanya perlu menyediakan tempat yang tidak begitu luas, lalu membeli etalase atau meja kecil. Untuk buah dan peralatan minuman jus juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau. 

Paket usaha minuman kekinian juga banyak yang ditawarkan dengan modal di bawah 10 juta. Mulai dari pengadaan gerobak, bahan, dan alat. Misalnya menjual teh poci, minuman boba, es coklat, dan masih banyak lagi contoh lainnya. 

Cathering Rumahan

Usaha modal di bawah 10 juta selanjutnya adalah catering. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, karena hanya membeli bahan makanan segar setiap hari sesuai pesanan. Anda juga bisa mengerjakannya di rumah. Tambahannya hanya pada ongkos kirim yang perlu diperhitungkan.

Kue Kering

Bagi Anda ibu rumah tangga yang ingin membangun usaha di rumah dan punya ketrampilan memasak, maka bisa mencoba usaha kue kering. Modalnya tidak banyak, hanya butuh bahan-bahan kue, oven, dan toples baru. Anda bisa menjual beragam jenis kue kering atau kue basah apabila juga bisa dilakukan.

Jasa Laundry Kiloan

Pilihan terakhir untuk bisnis modal di bawah 10 juta adalah laundry. Laundry kiloan menjadi peluang bisnis bagi area ramai seperti kawasan kampus dan kos-kosan. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk keperluan mesin cuci, detergen, setrika, lemari, dan area untuk menjemur pakaian. 

Agar mendapat untung, maka perlu memperhitungkan tarif yang dikenakan kepada konsumen. Misalnya membedakan harga berdasarkan kilo dan jenis item. Misalnya tarif cuci jaket dan selimut tebal akan jauh lebih mahal dibanding pakaian tipis, serta perbedaan tarif cuci kering, cuci mamel, dan cuci setrika. 

Beberapa rekomendasi usaha modal di bawah 10 juta di atas sangat recommended untuk Anda yang masih pemula di bidang bisnis. Anda bisa menentukan pilihan usaha kecil menengah yang akan digeluti dari daftar di atas dengan dana di bawah 10 juta.