Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Usaha Modal 15 Juta dengan Untung Besar

Modal menjadi pertimbagan utama saat akan memulai sebuah bisnis atau usaha. Jumlah modal yang dimiliki menjadi faktor pemilihan jenis usaha yang akan dijalankan. Dalam hal ini, usaha modal 15 juta sepertinya bisa diperhitungkan. Anda bisa mendapat modal tersebut secara pribadi atau pinjam ke Bank dan koperasi.

Dengan modal sebesar 15 juta, ada banyak sekali macam-macam usaha yang dapat dipilih. Bisnis yang termasuk di dalamnya juga tergolong bisnis bagus dan menjanjikan. Balik modalnya juga cepat, jadi Anda bisa mudah memutar uang usaha tersebut. Berikut ini adalah daftar bisnis yang bisa Anda coba.

Franchise Makanan

Bisnis dengan modal belasan juta bisa digunakan untuk membeli franchise atau waralaba. Hal ini akan jauh menguntungkan karena modal bisa kembali dengan cepat. Franchise makanan yang bisa dipilih tentunya yang tidak terlalu besar, karena modalnya hanya 15 juta.

Contoh yang bisa dijalankan adalah franchise makanan berupa camilan seperti kebab, atau warung makan sederhana. Bisnis waralaba ini hanya melanjutkan pemasaran, karena merk sudah Anda beli sebagai cabang dan tidak butuh perencanaan bisnis lagi. 

Franchise Minuman

Yang kedua ada franchise minuman. Saat ini minuman dingin sedang disukai karena bisa mengurangi dahaga. Selain itu, minuman dingin dengan aneka rasa lebih menyegarkan. Ada beberapa macam franchise minuman dingin seperti cheese tea, thai tea, bubble tea, dan semacamnya. 

Dengan membeli merk franchise, Anda sudah bisa mendapat alat produksi, bahan-bahan, kemasan, dan biaya operasional dengan mengeluarkan dana sekitar 15 juta. Semuanya akan disediakan lengkap. Dijamin bisnis ini laris manis.

Frozen Food

Rekomendasi usaha modal 15 juta berikutnya adalah bisnis frozen food. Bisnis satu ini sangat menjanjikan karena dibutuhkan oleh banyak orang, apalagi disaat sibuk sehingga tidak sempat belanja, maka makanan frozen bisa dijadikan alternatif.

Anda bisa menjual aneka sosis, ayam beku, daging beku, nugget, bakso, siomay, dan semacamnya. Aneka makanan dan camilan beku bisa disimpan di dalam kulkas. Untuk balik modal juga tidak perlu menunggu waktu lama. 

Anda juga bisa menjalankannya di rumah dengan rincian biaya tertentu. Misalnya alat produksi berupa kulkas besar seharga 5 juta, persediaan bahan cukup 5 juta, dan kemasan kurang dari 1 juta. Untuk sisa dana bisa digunakan ke biaya operasional.

Cathering

Pilihan selanjutnya adalah bisnis cathering. Kok mahal modal cathering hingga 15 juta? Sebenarnya modal tersebut tergantung pada skala dan jenis yang akan dijalankan. Dengan modal 15 juta, sepertinya Anda sudah bisa menjual cathering rumahan, kantoran, dan untuk kepentingan umum lainnya.

Pasalnya, pembelian bahan-bahan segar dan berkualitas juga mengeluarkan uang yang cukup banyak. Belum lagi soal cita rasa. Jadi, modal 15 juta sangat cukup untuk menjalankan bisnis catering. Hasil keuntungan juga bisa diputar dengan mudah karena profitnya lumayan.

Warung

Usaha warung juga bisa dicoba. Dengan modal sebesar 15 juta, Anda bisa mendirikan warung makan sederhana, warung kopi, atau lainnya. Usahakan memilih lahan atau tempat sewa yang harganya murah. Hal ini karena dana bisa digunakan untuk persediaan peralatan dan bahan.

Toko Kelontong

Rekomendasi yang menarik lagi yaitu membuka toko kelontong. Toko kelontong pasti banyak dibutuhkan oleh orang sekitar Anda. Anda bisa menjual berbagai keperluan sehari-hari seperti bahan pokok dan sebagainya. Untuk membangun toko kelontong kecil, dana 15 juta dirasa cukup. 

Fotocopy dan Printing

Usaha terakhir yang bisa dicoba dengan modal 15 juta adalah jasa fotocopy dan printing. Anda perlu membeli mesin fotocopy dan printer yang bagus namun mencari harga yang masih bisa dijangkau. 

Untuk peralatan seperti etalase, kertas, peratalan tulis bisa dibeli dengan sisa dana yang ada. Jasa ini banyak dibutuhkan dan berpotensi berjalan terus. Asalkan Anda mengutamakan pelayanan yang baik kepada konsumen, maka semua daftar rekomendasi usaha di atas bisa berjalan baik. 

Informasi tentang usaha modal 15 juta di atas sangat menarik bukan? Jenis usaha-usaha bagus bisa dicoba. Modal sebesar itu memang sudah bisa mendapatkan banyak kebutuhan untuk sebuah usaha. Kira-kira mana yang menjadi pilihan Anda untuk dicoba?