Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Nama Perusahaan Jasa Transportasi Terbesar di Indonesia Saat ini

Perusahaan jasa transportasi merupakan salah satu perusahaan yang hingga kini terus berkembang. Ini termasuk jenis transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Perusahaan-perusahaan besar dalam bidang transportasi banyak berdiri seiring kebutuhan transportasi yang semakin bertambah.

Kali ini akan dijelaskan pada Anda 8 nama perusahaan besar di bidang transportasi yang ada di Indonesia. Hal tersebut dimulai dari perusahaan yang sudah lama berdiri hingga perusahaan startup yang sudah berkembang pesat dan masuk dalam jajaran perusahaan besar. Ini daftarnya. 

Garuda Indonesia (Persero) Tbk GIAA

Garuda Indonesia adalah perusahaan BUMN di sektor transportasi udara (maskapai). Garuda Indonesia menjadi pilihan utama konsumen dalam hal penerbangan lokal dan internasional sampai saat ini. Hal tersebut dikarenakan pelayanannya yang baik.

Pada tahun 2000, PT. Garuda Indonesia mulai mendirikan anak perusahaan Citilink untuk penerbangan domestik. Garuda Indonesia juga sering menjadi sponsor dalam pagelaran tertentu. Kepopulerannya sangat tinggi untuk transportasi udara. 

PT. KAI (Kereta Api Indonesia)

Perusahaan jasa transportasi terbesar selanjutnya yaitu perusahaan di bawah naungan BUMN, yaitu PT. KAI. Perusahaan ini memanajemen semua hal di bidang perkeretaapian seperti menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api.

PT. KAI juga menyediakan kereta komuter guna meningkatkan layananya untuk masyarakat. Kereta ini menjadi primoda yang digunakan untuk perjalan antarwilayah atau regional. Untuk transportasi darat antar provinsi, kereta api juga masih menjadi andalan karena tiket yang relatif murah dan jadwal yang tepat waktu.

PT. Trans Jakarta 

Selanjutnya yaitu PT Trans Jakarta yang menyediakan armada bus daerah dari Transportasi Jakarta. Perusahaan ini menyediakan Bus Rapid Tansit (BRT) untuk daerah Jakarta dan sekitarnya setiap hari. Layanan ini membuat masyarakat bisa pergi melakukan akivitasnya, seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain-lain dengan sangat mudah.

PT. Kalla Coorperation

Perusahaan transportasi umum seperti Taxi di daerah-dareah perkotaan juga termasuk dalam perusahaan besar yang banyak digunakan. Selain menyediakan layanan dengan moda Taxi, PT. Kalla Coorperation ini juga menghadirkan bisnis jual beli otomotif.

Sub-holding Kalla Group tidak hanya itu saja, masih ada aktivitas di bidang logistik dan konstruksi. Hal inilah yang membuat perusahaan Kalla Coorperation tetap populer dan dibutuhkan oleh banyak orang di Indonesia. 

PT. PELNI (Persero)

Untuk transportasi air, ada PT. PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) yang menyediakan layanan transportasi kapal penumpang, kapal barang, dan kapal ferry. PT. PELNI juga mendukung pengembangan wisata bahari. Layanannya sangat menjamin kemanan dan keselamatan penumpang. 

PT. ASDP Indonesia Ferry

Perusahaan yang terakhir yaitu PT. ASDP Indonesia Ferry yang menyediakan layanan di sektor penyebrangan dan pelabuhan, khususnya transportasi kapal ferry. Layanannya juga efektif, efisien, dan terjangkau bagi semua masyarakat di berbagai pulau di Indonesia. 

Gojek

Gojek merupakan perusahaan jasa transportasi berbasis online yang mobilitasnya meningkat pesat. Dari awal kemunculannya di tahun 2010, saat ini perusahaan Gojek sudah digunakan lebih dari ratusan ribu orang. 

Untuk sebuah perusahaan start up, Gojek sudah sangat sukses dengan pendapatan yang fantastis. Layanannya juga sangat menarik, seperti Go-Ride, Go-Send, Gopay, Go-Car, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Grab

Selain Gojek, perusahaan bernama Grab juga termasuk perusahaan transportasi berbasis online yang besar. Perusahaan ini sebenarnya berasal dari Malaysia dan bermarkas di Singapura. Pengoperasiannya sudah menyebar di wilayah Asia Tenggara. 

Untuk perusahaan Grab yang beroperasi di Indonesia, awalnya didirikan pada tahun 2012 oleh Antony Tan. Tak kalah dengan Gojek, Grab juga menjadi perusahaan decacorn yang pendapatannya cukup besar. Di dalamnya terdapat layanan seperti Grab Car dan Grab Bike. 

Daftar perusahaan jasa transportasi di atas menjadi perusahaann yang terbesar di Indonesia saat ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang cepat, mudah, terpercaya, dan nyaman. Semua perusahaan tersebut juga sudah digunakan banyak pelanggan.