Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Perusahaan Jasa Keuangan Terbesar Saat Ini

Perusahaan jasa keuangan adalah perusahaan yang melayani investasi, kredit, asuransi dan sekuritas untuk para nasabah. Contoh perusahaan jasa keuangan umumnya berasal dari perbankan dan penyedia jasa layanan untuk pembiayaan (multifinance) tertentu. 

Tidak hanya memberikan layanan untuk transaksi yang mudah, perusahaan jasa keuangan juga membantu dalam meningkatkan sektor perekonomian. Selain itu, juga banyak yang bergerak untuk bidang sosial. Berikut adalah daftar perusahaan jasa keuangan yang perlu untuk Anda ketahui. 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Perusahaan ini berjalan di sektor perbankan yang beroperasi dengan nama Bank Mandiri. Berbagai produk investasi ditawarkan oleh perusahaan ini, mulai tabungan, deposit, dan giro. Selain itu, Mandiri juga menawarkan berbagai pinjaman seperti modal kerja, KPR, dan pinjaman investasi lainnya. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Selanjutnya adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau dikenal dengan Bank BRI. BRI memberikan beragam layanan investasi, mulai dari tabungan, giro, dan deposito. Penawaran pinjaman dana juga diberikan untuk nasabah.

Selain bisnis perbankan konvensional, Bank BRI juga memiliki bisnis berbasis Syariah. Dengan perbankan berbasis Syariah, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah dalam hal keuangan yang prosesnya sesuai dengan syariat Islam. 

PT Bank Central Asia Tbk

Perusahaan ini dikenal dengan nama Bank BCA. Sama seperti layanan perbankan lainnya, BCA juga menawarkan investasi tabungan, deposito, giro, sekuritas, dan finance. Perusahaan ini juga memiliki anak perusahaan untuk layanan perbankan Syariah. 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Contoh perusahaan jasa keuangan berikutnya adalah Bank BNI. Bank satu ini sangat terkemuka dan merupakan bank tertua di Indonesia. Perjalannya juga berawal dari status bank umum, BUMN, hingga menjadi persero.

Bank BNI juga memiliki layanan perbankan berbasis Syariah. Bank BNI menjadi bank terbesar urutan ke-4 dari total jumlah aset, total kredit, dan total dana pihak ketiga. Produknya antara lain BNI multifinance, sekuritas, asuransi jiwa, dan remittance. 

PT Bank CIMB Niaga Tbk

Perusahaan perbankan ini merupakan perusahaan terbesar dari segi nilai transaksi di bawah Kustodian Sentral Efek Indonesia. Layanan penyediaan kreditnya menjadi terbesar di Indonesia dengan nilai 11 persen dari pangsa pasar. 

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dikenal dengan nama Bank BTN. Perusahaan perbankan ini dikenal dengan bank yang terkemuka karena pembiayaan perumahan. BTN juga menawarkan kredit KPR dan kredit kepemilikan rumah. 

PT Bank OCBC NISP Tbk

Bank OCBC NISP merupakan bank tertua urutan ke-4 di Indonesia. Fokus perusahaan perbankan ini adalah melayani usaha kecil dan menengah (UKM). Bank ini juga sudah tercatat dalam saham Bursa Efek Indonesia pada 1994. Hal inilah yang membuat perkembangan perusahaan semakin pesat.

PT Pegadaian (Persero)

PT. Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang melayani dalam hal pembiayaan non-bank. Pegadaian bergerak untuk memberikan pinjaman dengan jaminan barang tertentu. Terdapat basis konvensional maupun syariah dalam prosesnya. 

Banyak sekali bisnis pendukung dari PT. Pegadaian. Misalnya saja pembiayaan usaha mikro, tabungan emas, cicilan, pembiayaan haji, pengiriman uang, jasa titipan, dan masih banyak lagi. Selain itu, layanannya juga cepat, aman, dan terpercaya. 

PT Akulaku Finance Indonesia

Pasti Anda sudah familiar dengan Akulaku bukan? Perusahaan ini termasuk contoh perusahaan jasa keuangan yang menyediakan fasilitas kredit. Pembiayaan berbasis digital yang diterapkan juga aman dan sudah bekerja sama dengan industri perbankan, dan diawasi oleh OJK. 

PT Federal International Finance

Contoh perusahaan yang terakhir yaitu PT. Federal International Finance atau FIF. Perusahaan ini bergerak dalam hal pembiayaan yang dipegang penuh oleh Astra. Basis perusahaan ini juga ada yang berjalan secara konvensional dan syariah. 

Manfaat perusahaan ini adalah untuk mendukung penjualan ritel sepeda motor. Selain itu, kegiatan usahanya sangat banyak, seperti pembiayaan investasi, modal kerja, multiguna, dan leasing. Segala aktivitas perusahaan juga sudah diawasi oleh OJK. 

Beberapa contoh perusahaan jasa keuangan yang banyak dijumpai di berbagai wilayah tersebut termasuk dalam pilar finansial Indonesia. Fungsinya dalam menyediakan layanan transaksi kepada nasabah membuat perusahaan di bidang ini memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian.