Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa, Ini rekomendasinya

Masa-masa kuliah merupakan masa perjuangan yang sangat tepat untuk memulai belajar berbisnis. Dengan modal satu juta, Anda dapat membuka usaha sendiri dengan hasil yang cukup membanggakan. Anda dapat mencoba rekomendasi usaha modal 1 juta untuk mahasiswa berikut ini.

Souvenir Pernikahan

Siapa bilang usaha souvenir membutuhkan banyak modal? Anda dapat memulai usaha souvenir dengan modal di bawah satu juta. Ada dua cara untuk memulai usaha ini, yaitu dengan membuat souvenir kreasi Anda sendiri, atau menjadi reseller souvenir.

Jika Anda adalah seseorang yang kreatif, Anda dapat membuat souvenir berupa bros, gantungan kunci, kaitan masker, dan kerajinan tangan lain baik dari kain maupun mutiara. Jenis souvenir tersebut memang tidak membutuhkan modal yang banyak, tetapi Anda harus memiliki skil dan mau meluangkan waktu

Dropship

Usaha dropship juga merupakan usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang paling menggiurkan. Anda dapat menjual apapun tanpa harus memiliki stok barang terlebih dahulu. Jenis usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Anda cukup bekerja sama dengan supplier suatu produk, kemudian memulai usaha Anda dengan bermodalkan ponsel dan paket data. Jika ada pesanan yang masuk, Anda tidak perlu repot-repot mengirim barang, karena supplier akan mengirimnya langsung ke customer Anda. Hemat waktu, hemat biaya.

Pembuatan Parsel/Hampers

Jika Anda cukup kreatif dalam urusan mengepak barang, Anda dapat mencoba membuka jasa pembuatan parsel atau hampers. Saat ini, banyak kalangan yang tertarik untuk memberikan sesuatu dalam bentuk yang indah dan tidak biasa, tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk berkreasi.

Anda dapat mengambil peluang tersebut. Pada usaha ini, Anda juga tidak memerlukan modal yang cukup banyak. Anda hanya membutuhkan keranjang untuk membuat parsel, dan kardus atau karton sebagai tempat hampers, serta plastic, kertas, atau kain jika butuh untuk membungkusnya lagi.

Modal awal yang perlu Anda keluarkan untuk membeli perlengkapan membuat parsel dan hampers tidak terlalu mahal. Anda bahkan tidak perlu merogoh kocek hingga satu juta rupiah. Akan tetapi, kreatifitas Anda lah yang akan dibayar mahal untuk ini.

Frozen Food

Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sekarang ini sedang menyukai makanan beku karena dinilai hemat dan tahan lama. Anda juga dapat menjadikan ini sebagai peluang. Menjual frozen food baik secara langsung maupun online dengan COD, merupakan ide usaha yang mudah dan menguntungkan.

Untuk membuka usaha ini, Anda tentu membutuhkan freezer untuk membekukan makanan. Belilah freezer bekas yang masih berfungsi dengan baik. Harga freezer bekas kurang lebih 800 ribu, dan sisa modalnya, dapat digunakan untuk membeli bahan makanan yang akan dibekukan.

Bisnis Makanan

Bisnis makanan tidak pernah luput dari ide bisnis untuk semua kalangan. Untuk mahasiswa, makanan yang dijual tidak perlu yang terlalu rumit, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan tidak mengganggu perkuliahan Anda.

Bisnis makanan seperti sarapan sederhana, snack, dan jus akan sangat menguntungkan. Jika pintar memasak, maka Anda dapat membuat sendiri makana  yang akan Anda jual. Namun, jika tidak, Anda dapat membeli snack dalam jumlah besar agar lebih murah, kemudian menjualnya lagi dengan harga yang wajar.

Jual Pulsa dan Paket Internet

Berjualan pulsa dan paket internet selalu menjadi ide usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang direkomendasikan. Usaha ini sangat mudah dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, usaha ini juga cocok dipilih karena di jaman sekarang ini, pulsa dan paket internet selalu dibutuhkan.

Modal usaha ini dapat dikatakan cukup murah, bahkan Anda dapat memulainya dengan modal di bawah satu juta. Usaha yang satu ini juga tidak menuntut Anda untuk memiliki ponsel keluaran terbaru dengan kualitas yang baik. Anda bahkan tetap dapat berjualan pulsa dan paket internet melalui Hp nonandroid.

Jasa Jahit

Jika Anda memiliki kemampuan menjahit, percaya dirilah untuk membuka usaha jahit. Meskipun hanya mengecilkan baju maupun menjahit pakaian robek, tetapi jasa ini sangat dibutuhkan. Usaha jasa jahit juga dapat dimulai dengan modal yang kecil.

Anda dapat membeli mesin jahit bekas dengan harga di bawah satu juta rupiah, benang beraneka warna, dan perlengkapan jahit lainnya. Kemudian, mulailah promosikan usaha Anda pada orang-orang terdekat. Tentu saja, pelayanan yang dapat Anda terima hanya jasa jahit non obras.

Waralaba Minuman

Usaha minuman tidak pernah gagal memberi keuntungan bagi penjualnya. Tidak perlu muluk-muluk, Anda dapat memulai bisnis minuman dengan waralaba atau franchise. Carilah waralaba yang dapat bekerja sama dengan modal yang murah.

Pastikan pula bahwa minuman yang akan di-franchise memang sedang hits atau memiliki banyak peminat, seperti kopi, coklat, boba, dan minuman kekinian lainnya. Namun, Anda tetap harus hati-hati dan benar-benar memastikan skema balik modal yang ditawarkan pihak franchisor.

Jual Mainan Anak

Menjual mainan anak juga bukan ide buruk untuk memulai usaha. Bisnis ini dapat Anda lakukan secara online baik menggunakan media social, maupun aplikasi penjualan online. Untuk tahap pertama, Anda dapat membeli mainan anak secara grosir di pasar.

Kemudian, foto dan kemaslah sedemikian rupa agar menarik, dan promosikan pada media social dan akun aplikasi penjualan online Anda. Juallah dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli satuannya, tetapi tetap masuk akal.

Jasa Potong Rambut

Jika Anda memiliki keahliat dalam memotong dan menata ramput, maka tidak ada salahnya memulai usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang satu ini. Bisnis potong rambut tidak membutuhkan banyak modal, dan bahkan kurang dari satu juta rupiah.

Anda hanya membutuhkan peralatan seperti gunting, sisir, jepit, dan alat cukur lain, serta perlengkapan meliputi meja, kursi, dan cermin. Dengan modal yang relative rendah, Anda akan mendapat keuntungan berlimpah berkat kemampuan.