Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daftar Perusahaan Manufaktur di Indonesia yang Terbesar

Perusahaan manufaktur di Indonesia telah banyak berkembang dengan concern di berbagai macam pengembangan produk. Tetapi tahukah Anda industri manufaktur terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah asset paling banyak? Berikut adalah daftar perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia berdasarkan data BEI (Bursa Efek Indonesia).

PT Astra Internasional Tbk (ASII)

PT Astra Internasional Tbk (ASII) merupakan industri manufaktur terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah asset sebanyak 366,74 trililun. Industri ini pertama kali didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai perusahaan perdagangan umum dengan nama International Inch. 

Berdasarkan data dari BEI pada tahun 2020, nilai kapitalisasi pasar Astra mencapai 244 triliun dan terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Astra mengembangkan bisnis dalam 7 segmen yaitu otomotif, properti, agribisnis, jasa keuangan, infrastruktur dan logistic, teknologi informasi dan pertambangan.

Sebagai perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia, Astra sudah banyak mengantongi berbagai penghargaan tiap tahunnya, baik sebagai Gold Winner, Overall Most Oustanding Company In Indonesia dan industri terpopuler dalam PR Indonesia Award 2021. 

Astra juga berhasil mengeluarkan banyak merk di bidang otormotif. Merk produk Astra yang ternama dan banyak dikenal misalnya Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

Indofood pertama kali berdiri pada tanggal 14 Agustus 1990. Perusahaan ini menjalankan industri makanan olahan, minuman, bumbu penyedap, minyak goreng, kemasan, tepung serta penggilingan biji gandum. 

Industri ini menjadi perusahaan terbesar kedua setelah Astra International dengan jumlah asset mencapai 102,66 triliun. Merk produk dari Indofood misalnya Indomie, Indomilk, Chitato, Indofood, Palmia. 

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)

Perusahaan Industri pertama kali diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957, termasuk dalam perusahaan semen BUMN yang menjadi penopang pembangunan nasional. Sebagai Badan Usaha Milik Negara porsi saham PT Semen Indonesia terbagi 51,01 milik pemerintah dan 48,99 milik rakyat. 

Semen Indonesia memiliki beberapa produk di bidang residential, beton, pelabuhan dan bandara, jalan dan bahan bangunan lainnya. Hingga saat ini asset yang dimiliki industri semen mencapai 79,28 triliun dengan menguasai pangsa pasar nasional dan regional.

HM Sampoerna (HMSP)

Sampoerna adalah salah satu perusahaan yang berjalan di bidang tembakau. Saat ini Sampoerna memiliki jumlah asset mencapai 63,3 triliun menjadi industri terbesar keempat setelah PT Semen Indonesia. Produknya yang terkenal yaitu Sampoerna Kretek, Dji Sam Soe, Sampoerna A.

Sampoerna merupakan anak perusahaan dari PT Philip Morris Indonesia (PMID) sebagai perusahaan tembakau internasional terkemuka dunia. Sampoerna memiliki 23,432 karyawan tetap, 38 mitra produksi, pabrik 37.700 serta 112 kantor perjualan dan distribusi yang tersebar diseluruh pelosok Indonesia.

Chaerond Pokphand Indonesia (CPIN)

Perusahaan manufaktur di Indonesia yang fokus dalam kegiatan usaha perseroan seperti pembibitan ayam ras, industri ransum makanan hewan, industri makanan dan masakan olahan, aktivitas cold storage, industri peralatan rumah tangga dan masih banyak sub bidang lainnya. 

Merk produk yang digunakan dalam perseroan dan sudah terdistribusi di beberapa pasar seperti TIJI, Turbo Feed, Royal Feed, Bintang, Bonavite dan HI-Pro. Banyaknya merk tersebut membuat PT Chaerod Pokpan masuk dalam daftar industri terbesar di Indonesia dengan asset mencapai 30,75 triliun.

Japfa Comfeed Indonesia (JPFA)

PT Japfa Comfeed Indonesia merupakan perusahaan agri-food terkemuka di tanah air dengan melayani berbagai kebutuhan protein hewani berkualitas mulai dari tahun 1975. Japfa Comfeed memiliki asset 27,64 triliun dan memiliki anak cabang terkemuka tersebar diseluruh Indonesia.

Produk dan layanan yang dimiliki misalnya poultry Solution Provider (Pakan DOC ayam, produksi ayam pedaging, protein hewani), aquaculture (produksi pakan udang, ikan air tawar, ikan air payau dikelola oleh PT Suri Tani Pemuka) dan Beef Catle (Produsen Daging Olahan oleh PT Santori)

Kalbe Farma (KLBF)

Kalbe Farma merupakan Industri manufaktur yang bergerak dalam bidang obat-obatan. Perusahaan ini merupakan perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia dan memiliki 4 divisi penting. 

4 divisis tersebut adalah divisi obat resep, divisi nutrisi, divisi produk kesehatan dan divisi distribusi logistik. Kalbe memiliki sekitar 17.000 karyawan tetap dengan kapitalisasi pasar mencapai 79,2 triliun.

Berkat pengabdian dan dedikasinya dalam industri farmasi, Kalbe pernah mendapatkan banyak penghargaan seperti Indonesian Institute for Corporate Directorship, Indonesian Corporate Governance Award, Primaniyarta dan Indonesia Best Brand Award.  

Produk ternama yang telah diproduksi oleh Kalbe meliputi Cefspan, Broadced, Brainact, CPG, Hemapo dan Mycoral. Berdasarkan data BEI saat ini Kalbe telah memiliki asset sebesar 22,13 triliun dan termasuk dalam industri manufaktur besar di Indonesia

Demikian daftar perusahaan manufaktur di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sektor. Semua Informasi di atas tentunya sangat berguna bagi Anda jika tertarik untuk bekerja di industri perusahaantersebut. Selain itu, dengan mengetahui informasi di atas bisa menambah wawasan Anda tentang beragam dunia industri di tanah air.