Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Produk Manufaktur yang Banyak Beredar di Pasaran

Perusahaan manufaktur di Indonesia sangatlah banyak dan berdiri di berbagai sektor. Bahkan mungkin aneka produknya telah tersebar di banyak toko, apotek bahkan pedagang asongan. Berikut adalah Contoh produk manufaktur yang mungkin pernah Anda temui.

Produk Mie Instan

Mie instan pertama kali diperkenalkan oleh PT Lima Satu Sankyu. Pada tahun 1968 perusahaan tersebut kemudian berubah nama menjadi PT Supermi Indonesia dan PT Sanmaru Food Manufacturing ltd. Mie instan sendiri merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia, karena tergolong makanan pengganjal perut yang cukup murah.

Indonesia pernah menjadi produsen mie instan terbesar dunia pada tahun 2005 karena berhasil memasarkan produk mie sebanyak 12,4 miliar bungkus mie. Merk terkenal yang populer contohnya Indomie, Supermie, Mie Sedap, Sarimi, Mie Gaga dan masih banyak lagi.

Industri Pakaian 

Pakaian yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari juga berasal dari produksi perusahaan manufaktur dalam sektor tekstil dan garmen. Industri tekstil umumnya menggunakan bahan baku kapas yang kemudian diolah menjadi benang. Benang tersebut akhirnya dibentuk menjadi produk helaian kain.

Untuk meningkatkan daya jual, kain tersebut di produksi menjadi kaos, kemeja, celana, jaket dan banyak desain lainnya. Desain tersebut kemudian disesuaikan dengan trend pasar agar dapat tetap bisa bersaing dengan perusahaan lain.

Produk Elektronik

Aktivitas yang setiap hari Anda lakukan mulai dari mencuci, memasak, istirahat pasti bergantung dengan barang-barang elektronik ternama perusahaan manufaktur. Barang-barang tersebut memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga lebih efektif dan efisien. 

Produk elektronik tersebut misalnya saja Polytron, Miyako, Cosmos, Sanken, Sharp, Panasonic dan lain-lain. Sebenarnya perusahaan di Indonesia sudah banyak yang berhasil membentuk brand lokal sendiri, tetapi karena adanya persaingan pasar global, banyak produk elektronik asing masuk ke Indonesia. 

Perusahaan manufaktur elektronik di Indonesia sangatlah banyak, sebut saja PT Kyosha Indonesia, PT Optima Elektronik Manufaktur, Manufaktur Robot Industri Surabaya dan PT Tripacific Electrindo.

Produk Minuman

Selain mengembangkan berbagai produk makanan ringan, industri manufaktur juga ada yang menggeluti produksi minuman instan yang menyegarkan. Beberapa produk minuman yang popular di kalangan masyarakat misalnya Aqua, Teh Eco, Marimas, Pocari Sweat, Minute Maid, Mizone dan lainnya

Produk Kerajinan

Contoh produk manufaktur kali ini dikembangkan dalam dunia industri kerajinan. Industri ini mengembangkan kerajinan serat alam, kerajinan dari kulit hewan, kerajinan tanah liat, kerajinan gips, lilin. Berbagai material tersebut dibentuk menjadi produk yang bernilai seperti pakaian, tas, sabun, furniture dengan harga yang cukup mahal dipasaran.

Obat-Obatan Farmasi

Indonesia menjadi pangsa pasar farmasi terbesar dikawasan ASEAN di mana 73% didominasi oleh perusahaan manufaktur farmasi lokal. Perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi unggul dalam melakukan pengembangan produk obat, nutrisi vitamin di bidang kesehatan.

Produk populer obat farmasi yang banyak dijual di toko dan apotek contohnya Promag, Panadol, Bodrex, produk vitamin seperti Vitacimin, UC1000.

Produk Tembakau

Tembakau adalah jenis tanaman potensial, jika dibudidayakan di lahan Indonesia yang subur. Hal tersebut menjadi alasan banyak perusahaan industri mengangkat tembakau sebagai bahan utama dalam pembuatan produk rokok dan asap cair. 

Perusahaan produksi rokok di Indonesia, sangat populer dimata dunia karena mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak dan produknya yang laku keras di pasaran. Produk yang banyak dikenal misalnya Djarum, Dji Sam Soe, 76, Sampoerna, LA dan masih banyak lagi jenis produk rokok lain

Produk Semen

Perusahaan manufaktur semen banyak yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara karena berperan penting dalam mendukung tujuan pembangunan nasional. Perusahaan yang populer sebagai penghasil bahan baku semen bangunan adalah PT Semen Indonesia Gresik.

Produk semen yang terkenal di Indonesia contohnya Semen Gresik, Semen Garuda, Semen Holcim, Semen Tiga Roda dan sebagainya. Masing-masing produk berasal dari ragam perusahaan manufaktur dengan keunggulan yang berbeda-beda juga pastinya.

Produk Transportasi dan Otomotif

Produk Manufaktur kali ini bergerak dalam bidang otomotif. Produk massal yang ditawarkan dan dipasarkan misalnya sepeda motor, mobil, produk ban, produk aki, radiator dan masih banyak lagi. 

Di Indonesia setidaknya memiliki 10 brand yang tidak hanya banyak diminati oleh masyarakat lokal tetapi juga dunia. Contohnya seperti Toyota, Nissan, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi Motor, Mitsubishi Fuso, Isuzu dan brand-brand ternama lainnya. 

Produk Pertanian

Pertanian dalam arti luas meliputi sektor peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan dan pangan. Industri manufaktur Indonesia banyak yang berkecimpung di bidang ini guna memberikan produk terbaik dalam bidang pertanian. Misalnya perusahaan perbenihan, industri pakan, industri pellet atau pakan ikan.

Selain menciptakan suatu produk, perusahaan juga fokus dalam bidang teknik budidaya contohnya meliputi peliharaan ayam unggas, industri perkebunan teh, industri karet, pembibitan udang vaname serta budidaya lobster.

Nah contoh perusahaan manufaktur di atas, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang belum memahami tentang produknya yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya memang pabrik manufaktur berkontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun internasional.