Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Di Usia 15 Tahun Bagi Para Pelajar

Selama ini, contoh orang sukses yang sering ditampilkan di TV atau majalah bisnis lebih sering sosok dengan usia matang yang ditampilkan. Jarangnya ada sosok muda, khususnya di usia remaja yang dijadikan contoh berhasil bukan berarti tidak ada cara sukses di usia 15 tahun sampai 17 tahun. 

Tidak ada alasan ‘terlalu muda’ untuk bisa jadi seorang yang mandiri dan stabil secara finansial. Anda yang ingin berusaha jadi berhasil semuda mungkin, bisa mengikuti tips berikut. Bukan hanya supaya jaya di usia muda, tapi juga memiliki masa depan yang cerah. 

Bangun Kebiasaan Menabung yang Taat

Tidak semua orang memiliki privilege orang tua kaya dan bisa memberikan modal anaknya mendirikan usaha. Ada juga orang tua yang lebih suka anaknya jadi pegawai setelah dewasa ketimbang jadi pengusaha. 

Makanya, anak yang tidak dibekali dengan keberuntungan seperti ini harus berusaha sendiri, termasuk dengan menabung.  Jika Anda ingin memulai usaha atau setidaknya bisa meneruskan pendidikan sendiri tanpa bantuan orang tua, skema menabung bisa dijalani. 

Mulai dengan menyisihkan uang ekstra yang mungkin didapat dari sisa uang jajan, pemberian saudara, dan lain-lain. Lama-lama tabungan pun akan terkumpul dalam jumlah yang cukup banyak. 

Tidak Banyak Main

Wajar jika di usia muda ingin main, nongkrong, atau membeli barang-barang menggemaskan seperti teman lain. Namun, jika Anda ingin sukses finansial selagi muda, tahan keinginan untuk bermain atau belanja secara berlebihan. 

Bukan tidak diizinkan senang-senang, tapi akan lebih baik jika Anda bisa menahan hasrat dan memilih menyisihkan uang nongkrong tersebut ke dalam tabungan. 

Kehidupan sosial harus tetap berjalan tapi lebih dibatasi. Ini adalah pengorbanan sederhana tapi sulit jika sudah terbiasa suka nongkrong atau jajan. 

Banyak Membantu Teman

Cara sukses di usia 15 tahun yang bisa dilakukan sejak dini dan mungkin setiap hari adalah dengan membantu teman. Misalkan seorang teman sepedanya rusak dan kebetulan Anda bisa membantu, maka bantulah. 

Atau ada teman yang jam tangannya rusak, jika bisa maka jangan ragu untuk membantu. Justru dari hal-hal kecil seperti ini, bisa mendatangkan keuntungan. 

Anda jadi belajar banyak hal yang mungkin sebelumnya tidak diketahui dan ini mendatangkan pengalaman. Siapa tahu berawal dari membantu teman, Anda bisa menemukan pintu usaha yang mendatangkan cuan. 

Memanfaatkan Waktu Liburan

Jika teman sebaya ada yang menghabiskan waktu libur sekolah dengan tidur, main gim, atau jalan-jalan, Anda yang mau berjaya lebih dulu bisa memanfaatkan dengan cara yang berbeda. Alih-alih main, Anda bisa ikut kursus bahasa Inggris, komputer, atau lainnya. 

Atau, Anda bisa juga daftar pekerjaan part time yang menerima pekerja remaja. Pekerjaannya mungkin sederhana seperti cuci piring atau sebagai pengantar makanan di restoran. Punya modal? Coba jualan seperti makanan atau minuman dan pasarkan dengan teman yang tidak memiliki kesibukan juga. 

Berjualan Secara Daring

Saat ini berjualan bukan hal yang sulit dilakukan. Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk melatih diri berjualan. Mulai dari makanan, pakaian, sampai jasa bisa ditawarkan di e-commerce. Menariknya lagi, Anda bisa saja berjualan tanpa modal. 

Bisa jadi cara sukses di usia 15 tahun Anda dimulai dengan menjadi dropship. Anda bisa mendapatkan harga barang dengan harga grosir dari produsen langsung, dipasarkan di media sosial maupun e-commerce dan nantinya produsen juga yang akan mengirimkan barangnya pada pembeli. 

Menjadi Freelancer

Salah satu cara sukses yang satu ini membutuhkan keahlian khusus. Misalkan Anda memiliki basic skill sebagai penulis, maka manfaatkan keahlian tersebut untuk dapat tambahan uang jajan. Salah satunya dengan menjadi penulis lepas. 

Atau mungkin keahlian Anda adalah menggambar, maka tawarkan jasa ini dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi dan menampilkan portofolio gambaran Anda. Dengan bekerja sebagai freelancer, time management harus baik supaya tidak mengganggu sekolah dan pekerjaan tetap lancar. 

Temukan Teman yang Memiliki Tujuan yang Sama

Tidak banyak remaja yang mulai memikirkan soal berbisnis sampai sukses, dan hanya berfokus pada kesenangan pribadi. Teman-teman seperti ini yang sebaiknya dihindari demi kebaikan Anda yang sudah memiliki tujuan besar di masa depan. 

Pilih teman yang mau diajak berkembang, bisa diajak berpikir soal masa depan, dan bertindak nyata. Teman yang sefrekuensi bisa menularkan semangat dan memberi masukan yang baik. Berbeda dengan teman yang hanya mengajak main atau belanja, sedikit manfaat dan hanya menghamburkan uang. 

Ada banyak cara sukses di usia 15 tahun yang bisa dicoba lakukan oleh Anda. Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa belajar langsung dari orang terdekat atau teman yang dinilai sukses dengan meminta pendapat. Dari situ, pelajaran berharga yang tidak didapat di sekolah, justru bisa Anda dapatkan.