Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jadi Pengusaha Muda tanpa Modal Orang Tua

Cara jadi pengusaha muda bukanlah hal yang sulit. Usia muda bukanlah batu sandungan melainkan justru kesempatan baik untuk lebih sukses sejak dini. Sayangnya, tidak semua orang punya privilage untuk dibantu orang tua baik secara modal atau dukungan moral lainnya. 

Berikut adalah kiat menjadi pengusaha muda yang berdikari tanpa bantuan orang tua yang perlu dicoba. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan kemampuan dan tekat kepada orang lain, pun pada orang tua bahwa Anda bisa!

Cari Tahu Usaha yang Anda Senangi

Apakah sudah punya tujuan mengenai usaha apa yang akan dirintis? Jika masih belum, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah hal yang paling disenangi. Apakah itu memasak, menciptakan lagu, membuat konten, dan berbagai kegiatan lain. Buatlah hal yang Anda sukai tersebut jadi usaha yang akan dirintis. 

Jika Anda suka masak, pilih lagi jenis masakannya, apa itu nusantara, western, chinese, atau lainnya. Hal yang lebih terkonsep akan membentuk peminat yang lebih jelas. Kemudian, ciptakan keunikan yang akan membuat usaha Anda lebih mudah diingat. Baik dari segi nama, tema, atau makannya. 

Pilih Target Pasar

Perlu diingat bahwa tidak semua orang akan menyukai usaha Anda. Bukan karena buruk atau tidak menarik, hanya saja mereka bukan target pasar usaha. Namun, akan selalu ada demografi yang cocok untuk produk atau layanan Anda, jadi kuncinya adalah mengindentifikasi siapa saja mereka. 

Ini dinamakan dengan mencari target pasar dan mulai dengan melakukan riset. Perhatikan pada orang yang melakukan usaha sejenis dengan Anda, cari tahu apa yang paling disukai dan lakukan inovasi. Begitu juga sebaliknya, apa yang kurang dari usahanya dan Anda jangan tiru, tapi lakukan perbaikan.

Lakukan Pengetesan

Setelah Anda tahu apa usaha yang paling cocok dan target pasarnya, coba lakukan tes. Jika Anda mencoba usaha rintisan soal aplikasi antar makanan, maka buat aplikasinya dan minta orang terdekat untuk mencoba aplikasinya.

Atau jika usaha Anda akan bergerak di sektor kuliner. Buat tester makanan atau minumannya dan bagikan kepada orang terdekat.

Minta mereka jujur atas rasa dan tekstur makanannya. Tanyakan apa yang kurang atau terlalu berlebihan pada aplikasi atau makanan tadi. Dengan begitu, perbaikan bisa dilakukan sebelum usahanya diluncurkan. 

Tingkatkan Jaringan Pertemanan

Cara jadi pengusaha muda terbaik adalah dengan meningkatkan jaringan pertemanan. Mulai dari teman SD sampai kuliah, kalau perlu ingat-ingat lagi siapa saja teman les Anda. 

Jika sebelumnya sudah tidak saling berhubungan, maka bangun kembali komunikasinya dengan salah satu cara mengikuti media sosialnya. Awali dengan basa-basi sederhana seperti menanyakan kabar dan kesibukan. 

Kemudian, jaga komunikasi agar selalu terjalin. Jika nantinya usaha Anda telah resmi dimulai, kabari teman-teman untuk mencoba dan jaga ragu untuk memberi tester pada mereka. Dengan begitu, mereka bisa jadi pelanggan pertama. 

Manfaatkan Media Sosial

Sekarang ini, media sosial tidak hanya sebagai tempat berbagi foto, video, atau kabar dengan teman, tapi juga bisa jadi alat marketing. Mulai dengan buat akun media sosial khusus usaha, buat konten yang menarik tapi juga jelas. 

Jangan ragu untuk mengikuti akun media sosial teman dan minta follow back sebagai followers awal.  Manfaatkan fitur iklan yang ada di media sosial. 

Di fitur iklan ini Anda bisa mengatur target yang dituju, apa gendernya, umur, dan lokasi. Ini akan membantu memperkenalkan usaha Anda ke khalayak luas sekaligus melihat pasaran. 

Belajar dari Mentor Berpengalaman

Jika Anda ingin menerapkan cara jadi pengusaha muda yang sukses dan bisa berkembang, jangan lupa miliki sifat untuk selalu penasaran dan tidak malu untuk belajar. Cari teman atau seseorang yang menurut Anda sudah lebih dulu sukses. 

Temui dan jangan sungkan untuk bertanya mengenai kiat-kita menjadi pengusaha atau minta beliau ceritakan pengalaman dan suka duka selama menjadi pengusaha. Dari cerita dan tanya jawab inilah Anda bisa mendapat pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah. 

Kelola Keuangan dengan Baik

Tahukah Anda apa yang membuat banyak pengusaha muda jadi jatuh meskipun usahanya tampak berkembang baik? Yaitu gaya hidup yang juga ikut naik, sehingga pengeluaran jadi membengkak. Padahal di awal membuka usaha, lebih baik menjaga finansial agar tetap stabil. 

Alih-alih menghamburkan laba yang Anda dapat untuk belanja keperluan pribadi yang belum terlalu dibutuhkan, lebih baik dialokasikan untuk meningkatkan kenyamanan tempat usaha atau digunakan untuk dana promosi. Anda juga bisa ikut berinvestasi baik saham, emas, atau lainnya supaya lekas sukses. 

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan jika Anda ingin jadi pengusaha sukses selagi muda. Cara jadi pengusaha muda di atas tidak sulit, tapi butuh tekat yang keras untuk bisa melakukannya. Meskipun tanpa modal atau dukungan dari orang tua, Anda harus yakin bisa berhasil.