Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan di Marketplace untuk Dapat Profit Tinggi

Marketplace sangat membantu para penjual untuk menjual produk mereka. Namun, para penjual tetap perlu mengetahui cara jualan di marketplace yang benar. Hal ini agar penjualan laris dan semakin meningkat. 

Marketplace akan memberikan keuntungan yang besar bagi para penjual jika digunakan dengan benar. Nah, jika Anda ingin tahu tentang cara berjualan di marketplace, simak lebih lanjut ulasannya di bawah ini. 

Cara Berjualan di Marketplace Secara Umum

Jual Produk Berkualitas & Memiliki Daya Saing

Hal utama berjualan yaitu memiliki produk yang berkualitas, memiliki daya saing, dan unik. Selalu jual produk-produk yang berkualitas agar  pembeli melakukan pemesanan kembali.

Kemudian, daya saing sebuah produk juga penting. Mengapa? Karena tentu banyak penjual lain yang menjual produk yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki daya saing tersendiri dari produk yang dijual, misal dari harga atau aspek lainnya. 

Memiliki Gambar Produk yang Baik & Deskripsi Produk 

Cara jualan di marketplace yang selanjutnya yaitu Anda harus memiliki gambar produk yang baik dan deskripsi dari produk tersebut. Kedua hal ini penting karena konsumen tidak bisa melihat secara langsung barang yang akan dibelinya. 

Oleh karena itu, konsumen hanya memiliki gambaran tentang produk yang akan dibeli dari definisi barang dan gambar produk yang dicantumkan. Maka dari itu, perlu mencamtumkan deskripsi produk dan foto yang sesuai dan lengkap. 

Mulai Mendownload Aplikasi

setelah semua persiapan produk sudah siap, maka tahap selanjutnya yaitu mulai berjualan di marketplace. Cara berjualan di marketplace tentunya perlu memiliki aplikasi marketplace. 

Jadi, unduh terlebih dahulu aplikasi marketplace yang Anda inginkan melalui ponsel di Play Store. Kemudian, lakukan pendaftaran di marketplace tersebut dengan cara mamasukkan profil Anda, e-mail, nomor handphone, dan lainnya. 

Dengan aplikasi marketplace ini, maka Anda bisa lebih mudah untuk berjualan di mana pun dan kapan pun.

Tambahkan Gambar/Foto Produk

Cara jualan di marketplace yang selanjutnya yaitu menambahkan foto atau gambar produk yang ingin Anda jual melalui marketplace. Buatlah foto yang semenarik mungkin dan selalu gunakan foto asli dari produk yang Anda jual. 

Dengan menggunakan foto asli, maka konsumen akan menjadi lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk Anda. Setelah selesai mengunggah foto produk, tambahkan pula keterangan dan deskripsi produk. 

Keterangan dan deskripsi produk bisa berisi tentang harga, berat barang, dan kriteria barang lainnya.

Tambahkan Nomor Rekening Pembayaran

Setelah tampilan toko dan produk sudah siap, maka tahap selanjutnya yaitu memasukkan nomor rekening pribadi pada marketplace. Sistem pembayaran di setiap marketplace tidak sama dengan berjualan secara offline. 

Anda tidak bisa langsung menerima uang pembayaran dari pembeli. Namun, uang pembayaran akan tersimpan di saldo marketplace yang sudah Anda pilih dan uang bisa ditarik setelah barang diterima oleh pembeli. 

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Saat ini, cara jualan di marketplace bisa melalui Facebook. Berjualan di Facebook marketplace juga sangat mudah. Syarat untuk berjualan di sini yaitu hanya memiliki akun Facebook saja. 

Setelah itu, login atau masuk ke akun Facebook Anda. Kemudian, klik ‘Marketplace’ dan pilih “+ Jual Sesuatu”, lalu klik ‘Item untuk Dijual’. Selanjutnya, pilihlah kategori produk yang ingin Anda jual(contoh: Elektronik). 

Lalu, masukkan juga foto, harga dan lokasi Anda. Anda juga bisa menambahkan deskripsi pada produk. Selanjutnya, pilihlah tempat untuk memposting listing Anda. Setelah itu, klik ‘Terbitkan’ untuk memposting listing Marketplace tersebut.

Nah, itulah penjelasan tentang tahapan dan cara berjualan di marketplace. Sebagai penjual, Anda perlu memahami minat konsumen agar penjualan terus mengalami peningkatan.