Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ide Bisnis Untuk Pelajar SMA yang Mudah dan Prospek

Mencari uang jajan tambahan melalui bisnis saat ini mudah dilakukan, termasuk untuk para siswa yang masih duduk di bangku SMA. Dengan mulai merintis bisnis dari SMA, lama kelamaan pasti akan berkembang. Di bawah ini, ada beberapa bisnis untuk pelajar SMA yang bisa dijadikan refrensi Anda. 

Menjadi Selebgram dengan Menerima Endorse

Ingin menjadi artis instagram terkenal? Cobalah untuk mulai bergabung dengan sebuah agency. Sekarang sudah banyak agency dari yang masih dalam skala kecil atau menengah membuka jasa untuk menjadi artis instagram dan Anda bisa bergabung disana.

Setelah itu Anda akan diminta untuk membuka jasa endorse atau promosi suatu produk dengan mengunggah di status instagram atau mempostingnya langsung di feed. Hal ini bisa dilakukan oleh anak SMA untuk menambah uang jajan dan bisa meringankan beban orangtua.

Penulis

Di era yang sudah serba digital ini Anda bisa melakukan banyak hal salah satunya adalah menulis. Sekarang sudah banyak platform yang akan membantu Anda menerbitkan sebuah karya hingga dilirik oleh penerbit dan mendapatkan royalty. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat blog sendiri dan mulai membangunnya dari awal, lalu lama kelamaan jika sudah bisa diberi iklan, akan mendapatkan pemasukan dari pihak Google. Jika Anda ingin mencoba yang lain, freelance writer adalah salah satu pilihannya. 

Untuk menjadi penulis paruh waktu, Anda bisa mencari informasinya langsung dari google dan mulailah mengirim CV serta contoh tulisan ke email yang tertera.

Penjual Pulsa Elektrik

Bisnis untuk pelajar SMA yang berikutnya adalah menjual pulsa elektrik. Sekarang semua orang membutuhkan pulsa untuk membeli paket internet atau menghubungi seseorang. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha. 

Biasanya Anda akan diminta untuk mengunduh sebuah aplikasi terlebih dahulu lalu mulailah menjual pulsa dengan mempromosikannya ke teman dekat, keluarga dan tetangga.

Event Organizer

Menjadi suatu pengurus di dalam sebuah acara ternyata juga termasuk bisnis yang cocok bagi anak SMA. Anda bisa memulainya dengan event yang kecil terlebih dahulu misalnya ulang tahun. Langkah pertamanya adalah mulai menjalin kerjasama dengan tetangga, keluarga ataupun teman dekat.

Anda bisa mempromosikan jasa kepada mereka jika ingin mengadakan sebuah acara. Anda bisa menggunakan kreativitas untuk membuat acara menjadi bagus dan dapat menarik perhatian pelanggan agar memakai jasa itu lagi.

Menjadi Pengajar Les Privat

Berikutnya adalah, Anda bisa mengajar les privat sesuai dengan kemampuan. Misalnya Anda jago di pelajaran Bahasa Inggris, bisa mulai menawarkan kursus bahasa inggris ke tetangga atau teman dekat terlebih dahulu. 

Jika Anda menekuni pekerjaan ini, maka lama kelamaan akan mempunyai banyak murid dan pemasukan semakin bertambah. Anda bisa menambah uang jajan dari mengajar private.

Youtuber

Bisnis untuk pelajar SMA yang berikutnya adalah menjadi seorang Youtuber. Sudah banyak youtuber-youtuber yang mendapatkan pemasukan tambahan dari konten atau video lalu diunggah Youtube. Jika Anda masih sekolah dan mempunyai keinginan untuk mencoba menjadi youtuber itu sangat bagus.

Anda bisa membuat video yang berisi hal-hal positif atau bermanfaat misalnya memberikan tips dan trik belajar bahasa Inggris, menjadi vlog traveller, mengcover lagu dan sebagainya. Jika Anda konsisten dalam merintisnya maka lama kelamaan subscriber akan bertambah dan bisa dapat pemasukan.

Bisnis Online

Era yang serba digital ini harus Anda manfaatkan untuk menjadi pebisnis online. Misalnya Anda suka memasak kue kering, bisa menjualnya lewat sosial media. Anda bisa memanfaatkan situs penjualan online untuk mempromosikan dagangan atau produk tersebut.

Langkah pertamanya adalah dengan membuat akun khusus bisnis online Anda lalu mengunggah foto-foto di sosial media. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang lengkap misalnya mengenai harga dan nama produk pada caption. 

Anda juga bisa membuat nama brand khusus untuk bisnis online tersebut. Dalam membuat nama brand, usahakan yang tidak susah tetapi unik dan mudah diingat orang. Hal itu akan membantu Anda dalam menarik perhatian pelanggan.

Menjadi Reseller

Reseller adalah menjual produk dari orang lain akan tetapi Anda bisa membuka toko sendiri. Misalnya menjadi seorang reseller kerudung, Anda juga turut mempromosikan produk tersebut dan jika ada orderan yang masuk tinggal memesan langsung pada ownernya. 

Preloved Buku

Apakah Anda ingin mempunyai banyak buku dan ingin mendapatkan uang tambahan? Dengan membuka preloved buku, Anda akan mendapatkan banyak pemasukan. Anda bisa menjual buku-buku tersebut dengan bantuan sosial media.

Jasa Penerjemah

Bisnis lainnya adalah dengan membuka layanan jasa penerjemah. Bisnis ini cocok sekali untuk Anda yang mempunyai keahlian tertentu di bahasa asing. Bisnis yang satu ini bisa menjadi peluang untuk Anda mendapatkan pemasukan tambahan. Selain itu, kemampuan berbahasa asing Anda juga akan meningkat.

Bisnis Tanaman Hias

Bisnis untuk pelajar SMA yang terakhir adalah menjual tanaman hias. Bisnis ini cocok sekali bagi Anda yang suka berkebun dan bisa menjual tanamannya ke orang lain. Anda bisa mulai menawarkan pada tetangga, keluarga dan teman dekat.