Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Usaha Percetakan Rumahan yang Prospek

Usaha percetakan rumahan merupakan salah satu bisnis yang mudah dijalankan dengan modal terbatas karna Anda tidak perlu membayar sewa tempat. Ada banyak prospek bisnis percetakan rumahan yang dapat Anda jalankan, antara lain adalah sebagai berikut.

Bisnis Print dan Fotocopy

Bisnis percetakan pertama yang bisa dibuka di area rumahan adalah berupa print dan fotocopy. Anda bisa menjalankan bisnis hanya dengan bermodalkan komputer dan printer. Bisnis percetakan ini bisa dimulai dengan  printer yang bisa digunakan sebagai mesin fotocopy sekaligus.

Percetakan rumahan berupa print dan fotocopy ini sangat mengutungkan, apalagi jika daerah Anda terdapat anak sekolah. Print dan fotocopy merupakan suatu yang pasti dibutuhkan oleh hampir semua kalangan, sehingga bisnis percetakan rumahan yang satu ini tidak mungkin sepi peminat.

Bisnis Cetak Foto

Usaha percetakan rumahan berikutnya yang cukup menjanjikan adalah cerak foto. Modal dari bisnis ini juga cukup terbatas, yaitu Anda hanya perlu menyiapkan komputer serta alat cetak berupa printer. Sediakan pula kertas foto yang berkualitas agar usaha percetakan Anda semakin diminati.

Bisnis cetak foto ini akan semakin ramai peminat apabila Anda mempunyai keahlian dalam bidang editing, sehingga akan sangat membantu kebutuhan pelanggan. 

Di samping itu, Anda juga bisa menjual pigura dengan berbagai ukuran untuk menambah minat para pelanggan yang menggunakan jasa cetak.

Bisnis cetak Brosur dan Poster

Brosur dan poster merupakan selebaran yang saat ini sedang ramai dicetak untuk berbagai kepentingan, mulai dari promosi bisnis hingga kegiatan. Membuka usaha percetakan poster dan brosur rumahan akan sangat menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan banyak peminat.

Usaha percetakan brosur dan poster ini mempunyai prospek yang bagus untuk dijalankan di area rumahan apalagi jika lokasi Anda strategis. Anda bisa mulai melayani percetakan brosur dan poster untuk tetangga sekitar dan mulai melakukan promosi agar bisnis ini bisa semakin dikenal secara luas.

Bisnis Sablon

Usaha percetakan rumahan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah sablon. Pada bisnis percetakan yang satu ini Anda perlu menyiapkan lebih banyak modal. Hal ini dikarenakan bisnis sablon membutuhkan alat dan bahan yang lengakap agar bisa menerima pesanan dari pelanggan.

Membuka usaha percetakan berupa sablon ini akan meringankan biaya Anda jika membukanya di rumah. Di samping itu, Anda juga bisa menerima beragam jenis pesanan untuk sablon, yaitu berupa flyer, spanduk, bahkan kaos untuk mendukug acara yang diselenggarakan oleh wilayah setempat.

Bisnis Percetakan Souvenir

Bagi Anda yang menyukai hal-hal dalam bidang seni atau aksesoris, maka bisa mencoba untuk membuka bisnis percetakan souvenir. Bisnis percetakan ini bisa dibuka untuk menerima pesanan souvenir untuk berbagai macam acara.

Bisnis percertakan souvenir ini cukup menguntungkan karena biasanya pelanggan akan memesan dalam jumlah yang banyak. Di samping itu, Anda juga bisa menerima berbagai macam pesanan tanpa harus membayar biaya sewa tempat untuk mencetak karena bisa menngerjakan di rumah.

Bisnis Percetakan Undangan

Usaha percetakan rumahan terakhir yang bisa dijalankan dan cukup menguntungkan adalah berupa undangan untuk berbagai macam acara. Anda bisa memulainya dengan meyediakan alat cetak berupa printer serta perangkat komputer untuk membuat desain undangan yang dipesan oleh pelanggan.

Sebelum memulai bisnis percetakan ini, sebaiknya siapkan beberapa contoh desain undangan terlebih dahulu agar bisa dijadikan sebagai referensi oleh pelanggan. Anda bisa memberikan rekomendasi dan arahan kepada pelanggan mengenai desain yang keren agar membuatnya semakin tertarik.