Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Internet Marketing, Jenis, dan Komponennya

Internet markering merupakan salah satu strategi bisnis yang banyak diterapkan. Pengertian internet marketing bisa dipahami sebagai proses pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sarana yang didukung oleh jaringan internet.

Pemanfaatan jaringan internet ini semakin banyak digunakan untuk berbagai hal di era digital saat ini. Baik untuk kegiatan komunikasi, pembelajaran, belanja, hingga pemasaran. Untuk kegiatan perdagangan, internet juga sangat menguntungkan. Berikut adalah ulasan yang lebih detail.

Definisi Internet Marketing

Secara umum, pengertian internet marketing bisa dipahami sebagai kegiatan memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan merk produk atau jasa dari suatu usaha. Kegiatan tersebut tidak lain dibantu oleh jaringan internet sebagai perantara yang efektif dan efisien. 

Penggunaan strategi bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan di zaman yang serba digital seperti sekarang ini. Menjual produk dan jasa akan jauh lebih mudah karena bisa mencakup pelanggan secara luas. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh akan jauh lebih besar.

Penjual dan pembeli tidak perlu repot untuk bertatap muka langsung. Melalui media elektronik, mereka sudah bisa melakukan proses transaksi. Strategi bisnis ini memang akan menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. 

Tujuan Internet Marketing

Tujuan utama penerapan strategi bisnis ini yaitu untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara lebih cepat. Penggunaan media elektronik sebagai sarana pemasaran juga mampu menjangkau calon konsumen kapanpun dan dimanapun.

Biaya yang dikeluarkan juga akan lebih murah. Penerapan strategi ini juga mampu mengukur dan melacak keberadaan dan respon konsumen. Selain menjangkau pasar lokal, pemasaran digital ini juga memungkinkan untuk menjangkau pasar global. 

Konten promosi melalui media elektronik juga bisa dibuat lebih menarik. Proses jual beli hingga transaksi juga bisa dilakukan dari jarak jauh. Hal ini tentu berbeda dengan sistem pemasaran offline yang memiliki proses yang cukup panjang. 

Jenis-Jenis Internet Marketing

Setelah mengenal pengertian internet marketing dan tujuannya, pembahasan selanjutnya adalah jenis-jenis pemasaran digital yang juga penting Anda pahami. Berikut adalah jenis-jenis pemasaran digital yang wajib untuk diketahui.

Bussines To Bussines (B2B)

Umumnya sebagian besar bisnis online merupakan kepentingan bisnis untuk bisnis. Jenis B2B ini menggunakan transaksi Interganizational Information System (IOS). IOS ini merupakan aliran informasi antara dua perusahaan atau lebih dalam melakukan transaksi secara efisien.

Transaksi tersebut bisa meliputi pengiriman order, rekening, dan pembayaran. Semua kegiatan tersebut sebelumnya telah disepakati bersama untuk sama-sama mendapat keuntungan. Contoh jenis pemasaran digital B2B ini yaitu seperti pada Wal-Mart dengan Warner-Lambert.

Bussines To Consumer

Jenis ini sepertinya paling banyak dijumpai, yaitu transaksi langsung antara penjual dan pembeli. namun penjual disini adalah perorangan. Penjual tersebut dapat memanfaatkan marketplace online untuk memasarkan produk kepada konsumen. 

Consumer To Consumer

Sedangkan jenis ini dilakukan antara konsumen dengan konsumen lainnya. Jenis ini sering dipakai saat melakukan penjualan barang bekas. Promosi, penjualan, dan transaksinya bisa menggunakan media sosial saja. 

Consumer To Bussines

Jenis ini biasa dilakukan perseorangan yang menjual produk atau jasa kepada perusahaan. Jadi, konsumen yang mencari penjual sehingga mencapai suatu kesepakatan transaksi. Contohnya adalah jasa pembuat konten kepada suatu perusahaan.

Interbussines (Organizational) eCommerce

Yang terakhir ini adalah semua aktivitas internal organisasi yang dilakukan dengan sistem web base. Di dalam sistem ini akan terjadi pertukaran informasi, barang, dan jasa. Contohnya pelaksanaan pelatihan secara online kepada karyawan dan penjualan produk ke karyawan.

Komponen Internet Marketing

Selanjutnya ada komponen pemasaran digital yang berkaitan dengan rangkaian prosesnya. Komponen yang pertama adalah proses. Proses pemasaran pasti mencakup perencanaan, penyusunan, dan promosi yang akan dijalankan. 

Yang kedua yaitu membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan. Poin ini penting untuk meningkatkan review bisnis dan menjaga jangkauan pasar Anda. Selanjutnya ada komponen yang disebut Online. Inilah yang bekerja sebagai pelaksanaan pemasarannya. 

Komponen berikutnya yakni pertukaran dan pemenuhan pemuasan untuk pihak penjual dan pembeli. penggunaan strategi ini akan mencapai tujuan penjual dan memuaskan semua konsumen. Itulah beberapa komponen dari pemasaran digital.

Demikian penjelasan tentang pengertian internet marketing yang bisa dijadikan informasi bagi Anda yang baru di bidang tersebut. Segera terapkan strategi tersebut untuk membuat bisnis lebih maju lagi.