Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Produk di IG, FB, Tiktok dan Secara offline

Penggunaan sosial media bisa menjadi salah satu cara promosi produk bisnis yang efektif. Dalam hal ini, terdapat beberapa platform yang bisa diandalkan beberapa diantaranya meliputi, Instagram, Facebook, Tiktok dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, cara offline masih dapat dilakukan untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Bagi Anda yang ingin memasarkan produk secara efektif dan efisien, tentunya harus tahu bagaimana cara memaksimalkan beberapa cara promosi secara offline maupun online ini.

Cara Promosi Produk di Instagram

Instagram menjadi salah satu media yang banyak dipakai untuk mengekspresikan diri, baik kalangan tua maupun muda pun memanfaatkannya. Bagi Anda seorang pengusaha, maka sosial media ini wajib Anda miliki untuk mempromosikan bisnis. 

Di sini, Anda bisa melakukan promosi melalui IG story maupun feed. Selain itu, ada berbagai alternatif lain juga yang bisa diterapkan. Berikut beberapa cara promosi produk di IG tersebut.

Memanfaatkan Iklan di Instagram atau Instagram Ads

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan iklan di Instagram. Disini, Anda tinggal buka profil akun Instagram dan ketuk postingan yang Diinginkan. 

Selanjutnya, pilih button Promosikan yang terletak di bawah postingan dan isi produk secara detail dengan mengatur berbagai macam informasi seperti destinasi, penonton, anggaran dan durasi. 

Setelah itu, ketuk tombol berikutnya. Apabila Anda tidak menautkan akun profesional Instagram dengan halaman Facebook saat melakukan persiapan, maka akan dimintai untuk mengkoneksikan halaman. Apabila sudah, Anda dapat melewatinya.

Setelah melewatinya maka Anda tidak akan melihat langkah-langkah tersebut saat melakukan promosi postingan. Anda dapat menghubungkan halaman facebook dengan profil setiap waktu.

Setelah mengetuk promosi, pihak Instagram akan memastikan kesesuaian profil dengan halaman Facebook Anda. biasanya, proses peninjauan membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Namun, terdapat beberapa kasus proses tersebut memakan waktu lama. promosi akan tayang jika sudah diapprove.

Mengikuti Program Iklan Gratis

Cara promosi produk di IG menggunakan iklan memang terbilang efektif. Apabila Anda tidak ingin membayar alias gratis, Anda dapat melalui pihak perusahaan dengan melakukan penawaran secara digital.

Berdasarkan data dari appkey, terdapat banyak perusahaan digital melakukan penawaran iklan gratis di Instagram. Tentunya, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dalam pengajuan ini.

Umumnya, Anda harus mengikuti dan mention akun Instagram perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, Anda akan diminta untuk membuta konten menarik berkaitan dengan bisnis maupun konten yang dikelola.

Menjadikan Akun Anda sebagai Akun Bisnis

Apabila Anda masih memanfaatkan akun pribadi untuk mempromosikan bisnis, maka sebaiknya Anda mulai mengubahnya menjadi akun bisnis agar promosi menjadi lebih efektif. Anda bisa mengubah status ini di menu setting.

Memanfaatkan Fungsi Hastag

Anda dapat memanfaatkan fungsi tagar karena tanda atau simbol sederhana ini dapat meningkatkan jumlah view maupun merek dagang maupun kontenmu. Fungsi ini memiliki peran penting bagi seseorang yang sedang mencari informasi secara spesifik. 

Tentunya, adanya hastag dapat menjangkau pengguna maupun konsumen lebih luas. Namun, Anda harus jeli dan pandai menentukan pilihan hastag yang akan disesuaikan dengan konten yang ingin di promosikan.

Melakukan Posting Instastory Mengenai Produk Anda

Anda dapat menawarkan produk dengan mempostingnya melalui Instagram Story. Hal ini dapat memudahkan para konsumen Anda untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari akun tersebut. 

Untuk menerapkan ini, Anda tinggal mempsoting gambar yang berkaitan dengan konten produk usaha. Pastikan sudah mengisi tag ke sejumlah akun yang Anda anggap dapat merepost ulang postingan. Hal tersebut dilakukan sebelum Anda melakukan psoting.

Apabila sudah Anda dapat mengklik postingan menjadi sebuah cerita atau story. Biasanya, Instastory dapat bertahan selama 24 jam, sehingga Anda dapat melakukan promosi secara berulang dengan frekuensi yang dapat diatur dengan pengaturan terbaik.

Endorsement

Berdasarkan kutipan dari qwords, cara mempromosikan produk secara efektif dan bisa Anda terapkan dengan menyewa Endorsement. Anda dapat memberikan produk kepada pihak influencer untuk melakukan promosi.

Biasanya, barang yang diberikan kepada pihak influencer dijadikan sebagai uang cash. Tentunya, pihak influencer yang dipilih harus sesuai dengan target market produk yang sedang Anda tawarkan.

Umumnya, sistem endorsement sangat mudah, Anda dapat mengirimkan produk kepada pihak inluencer untuk barter dengan mengiklankannya secara baik melalui post maupun IG Story. Biasanya, pihak inluencer membuat konten mengenai produk yang di-endorse dengan mengisi feed Instagram.

Paid Promote

Cara ini berbeda dengan Endorsement. Namun, biasanya paid promote dapat dijadikan sebagai salah satu cara promosi produk di IG yang cukup efektif. Paid promote menggunaan sistem pembayaran uang secara tunai.

Setiap influencer biasanya sudah memiliki rate card berdasarkan jumlah followernya untuk sekali post maupun paket. Besaran harga bergantung pada jumlah pengikut akun.

Postingan Feed Semenarik Mungkin

Apabila Anda masih baru untuk memulai dengan budget tidak terlalu banyak, maka Anda dapat melakukan promosi dengan metode lain. Contohnya, Anda dapat membuat feed Instagram terkait produk semenarik mungkin.

Usahakan akun Anda tidak hanya berisi konten jualan produk saja. Namun, Anda juga  memberikan nilai value yang baik untuk konsumen setia. Selain itu, Anda perlu membangun interaksi baik dengan konsumen.

Melengkapi BIO Instagram dengan Menarik dan Jelas

Biasanya, tampilan bio menjadi sorotan oleh konsumen yang ingin membeli produk Anda. biasanya, dari bio akan memunculkan rasa percaya atau trust, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memperbaiki bio Instagram. Berikut caranya.

  • Menggunakan Username Jelas, Singkat dan Padat
  • Menambahkan kata Kunci atau keyword
  • Menggunakan profile picture bagus dan menarik
  • Mengisi deskirpsi secara singkat
  • Menggunakan Emoji agar terlihat menarik
  • Memberikan kalimat call to action
  • Menambahkn link website

Cara Promosi di Facebook

Selain memanfaatkan Instagram, Anda dapat memanfaatkan Facebook untuk melakukan promosi berbagai produk. Hal ini akan membantu Anda untuk menawarkan produk secara meluas dengan jaringan di berbagai tempat. Berikut cara promosi produk di facebook dengan mudah

Memanfaatkan Iklan Facebook atau Facebook Ads

Anda dapat memanfaatkan iklan facebook untuk menjangkau konsumen menjadi lebih luas.  Anda dapat menyediakan konten bagus untuk meningkatkan engagement produk Anda. 

Iklan facebook dapat membantu Anda untuk mempromosikan produk secara efektif dengan jaringan luas dan konsumen tertarget. Jangkauan promosi pun lebih luas disini.

Membangun Interaksi Antara Pelanggan dengan Anda

Anda perlu membangun hubungan baik dengan konsumen yang menginginkan produk Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan memberikan pernyataan maupun pertanyaan pada layanan status di Facebook. 

Hal ini akan membuat konsumen tertarik untuk mengomentari dengan memberikan jawaban pada status Anda. Tentunya, jawaban tersebut berkaitan dengan pernyataan atau question yang Anda berikan.

Menambahkan Foto maupun Video

Anda dapat menambahkan video maupun foto berkaitan dengan produk, layanan, giveaway, bisnis dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan headshot maupun video berkaitan dengan para staff untuk membangun interaksi dengan konsumen.

Membuat Formulir Kontak

Anda juga dapat membuat daftar kontak pada halaman Facebook dengan memanfaatkan aplikasi ContactMe. Hal ini akan memberikan konsumen produk Anda cara cepat untuk menghubungi Anda.

Mempromosikan Halaman Facebook ke Berbagai Sosial Media

Anda dapat melakukan promosi ke berbagai sosial media dengan mengkopi link URL yang ada laman halaman Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat menggunakan aplikasi NtworkedBlogs atau RSS Graffiti untuk memasukkan postingan blog dari website secara langsung ke halaman Facebook. 

Ini bisa dikatakan secara cara promosi di facebook yang cukup simpel, dan gratis. Halaman ini juga bisa memberi kesan profesional pada bisnis Anda.

Cara Promosi Produk Secara Offline

Meskipun perkembangan teknologi memungkinkan Anda untuk menerapkan pemasaran barang dagangan secara online, namun, pemasaran secara offline masih dapat diandalkan. Ini karena Anda dapat bertemu secara langsung dengan konsumen tertarget.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan startegi baru secara langsung. Beberapa cara promosi produk secara online yang dapat Anda terapkan pun sebagai berikut.

  • Membagikan Brosur Berkaitan dengan Produk Bisnis Anda
  • Membangun Usaha dengan Buka Toko maupun Stand saat Pameran
  • Mengadakan Event untuk Memperkenalkan Merek atau Ikut Acara Exhibition
  • Memanfaatkan Media Lokal seperti Radio dan Koran
  • Membagikan Kartu Nama

Cara Promosi Produk di Tiktok

Bagi Anda yang memiliki target market anak-anak muda, Tiktok bisa menjadi solusi terbaik untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Hal ini karena pemakaian Tiktok di Indonesia dan dunia meningkat pesat. 

Selain itu, Titok juga menabhakan layanan baru untuk para creator, Influencer dan para pembisnis untuk saling berkaitan. Berikut beberapa cara promosi produk di Tiktok untuk membangun usaha Anda.

Membuat Isi Konten Video Menarik, Menghibur dan Edukatif

Konten menghibur dan menarik dapat meningkatkan pemasaran produk untuk dilihat lebih banyak pengguna Tiktok. Hal ini akan membantu produk Anda semakin dikenal lebih luas. tentunya, Anda harus membuat video berkulaitas HD dengan tem menarik.

Selalu Update dengan Berbagai Trend dan Perkembangan Tiktok 

Tiktok selalu mengalami perubahan algoritma dan fitur layanan. Selain itu, Anda harus mengikuti trend kekinian untuk dapat menarget pasar anak muda.

Bekerja Sama dengan Para Influencer maupun Content Creator dengan View Tinggi

Influencer handal dan content creator berpengalaman dapat membantu mempromosikan produk Anda. Tentunya, Anda harus menyediakan kocek dalam dengan branding dan promosi meluas dan tertarget.

Memanfaatkan Tiktok Ads 

Anda dapat memanfaatkan tiktok Anda untuk membangun Engagement, sekaligus menaikkan view dari para pengguna. Hal ini membuat produk Anda tersebar secara jitu ke berbagai akun di Tiktok. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan produk Anda.

Menggunakan Hastag Challenge

Anda dapat memanfaatkan challenge maupun mengadakannya. Tentunya, hal ini untuk membangun interaksi Anda dengan pihak konsumen.

Beberapa cara promosi produk secara online maupun offline di atas dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan jual beli produk Anda. Maka dari itu, Anda harus memanfaatkan sosial media untuk lebih dikenal konsumen dengan pasaran lebih luas.