Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Efektif

Sudah banyak yang bergelut di bidang bisnis makanan karena dirasa tidak membutuhkan modal besar serta pembuatannya juga bisa dilakukan dari rumah. Jika Anda punya bisnis di bidang ini cobalah ikuti strategi pemasaran produk makanan yang ada di bawah ini dalam pemasarannya.

Ambil Foto Produk yang Menarik

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk makanan adalah mengambil foto dengan angle menarik. Disinilah kemampuan fotografi Anda diuji sebab foto yang menarik akan lebih mudah membuat para pengunjung penasaran dan ingin mencoba produk tersebut.

Anda bisa mengambil foto dari samping, atas, bawah, depan dan belakang agar mendapat hasil yang menarik. Kalau perlu Anda menggunakan kamera ketika pengambilan foto supaya hasilnya lebih jernih. Selain itu, tambahkan juga latar belakang foto yang unik dan mendukung foto.

Jika Anda mempunyai bisnis kue kering, Anda bisa mengambil foto makanan di dalam toples. Mengambil foto ketika makanan sedang proses packaging dan saat pembuatan. 

Edit Foto Menjadi Lebih Mengesankan

Setelah mendapatkan foto yang dirasa sudah menarik, Anda bisa melakukan editing. Gunakan aplikasi yang mudah digunakan. Anda bisa mengedit pengaturan pencahayaannya apakah terlalu terang atau gelap. Mengedit ukurannya dan warnanya juga penting agar tampak lebih menarik. 

Anda juga bisa mempelajari foto-foto yang diunggah oleh pebisnis lain dan dijadikan refrensi. Ini akan membuat Anda semakin mudah mendapatkan hasil yang maksimal.

Buat Media Sosial Khusus Untuk Produk

Strategi pemasaran produk makanan yang selanjutnya adalah membuat akun sosial media khusus bisnis Anda. Akun sosial media ini berguna untuk memudahkan proses pemasaran dan mengenalkan produk makanan Anda kepada masyarakat. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai informasi pemesanan produk.

Anda bisa membuat akun sosial media di Instagram. Instagram sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan juga sudah banyak yang memiliki akun di aplikasi ini. Selain itu, instagram juga bisa disisipi iklan yang lebih memudahkan Anda untuk memasarkan produk tersebut.

Anda bisa memasarkan produk dengan mengunggah foto-foto yang menarik di feed dan instastory. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya di highlight. Pastikan postingan Anda bisa menarik minat pelanggan agar banyak yang membeli. 

Promosikan di Media Sosial Pribadi

Jika Anda mempunyai bisnis makanan seperti kue kering yang tahan lama, bisa dipromosikan lewat akun media sosial pribadi. Promosi produk di medsos ini juga cukup efektif.

Mungkin pengikut Anda lebih banyak di akun pribadi sehingga bisa menjadi wadah untuk memasarkan produk. Kue kering Anda juga bisa lebih cepat dikenal masyarakat.

Lakukan Endorse ke Public Figure

Jika Anda sudah mempunyai pendapatan yang besar, cobalah untuk mengembangkan bisnis dengan melakukan endorse ke public figure. Cara yang satu ini dirasa efektif karena tentu jumlah pengikut dari seorang selebgram atau public figure sudah banyak dan dikenal masyarakat.

Anda bisa menggunakan cara yang satu ini seperti pebisnis lainnya. Caranya cukup mudah. Biasanya setiap public figure mencantumkan nomor manajernya di bio sosial medianya. Anda bisa menghubungi kontak tertera dan melakukan endorse produk tersebut. Bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat.

Adakan Promo dan Diskon

Strategi pemasaran produk makanan yang terakhir adalah mengadakan diskon atau promo. Misalnya ketika akan ada perayaan hari besar seperti HUT RI, Hari Ibu, Hari Kartini, Anda bisa mengadakan diskon atau promo. Dengan cara ini, konsumen bisa tertarik untuk membeli makanan Anda. Meski harus mengeluarkan budget untuk promo, nantinya ini tidak akan merugikan Anda.