Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Bisnis Waralaba dan Keuntungannya Menjalankannya

Bisnis Waralaba adalah salah satu cabang usaha yang mudah untuk ditekuni. Istilah lain dari bisnis ini adalah franchise. Sistem bisnis ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Orang yang pertama kali memperkenalkan franchise adalah pemilik Mc Donalds. Jika Anda penasaran tentang franchise silahkan simak ulasan ini.



Mengenal Sekilas Tentang Bisnis Franchise

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum terlalu mengenal apa bisnis franchise itu. Waralaba atau franchise adalah sebuah bisnis yang memberikan sebuah hak kepada seseorang untuk memasarkan maupun menjual produk, layanan, atau jasa dari perusahaan tertentu.

Tentunya sebelumnya sudah ada kesepakatan yang dibuat antara dua pihak tersebut. Kesepakatan tersebut tentunya harus dibuat agar tidak ada yang dirugikan di kemudian hari. Dalam bisnis ini, semua konsep sudah tertata, dan Anda hanya perlu memikirkan cara mendapatkan modal usahanya.

Manfaat Menjalankan Bisnis Franchise

Franchisee adalah orang yang menjual suatu produk atau layanan jasa dari franchisor, sebutan bagi pemilik perusahaan. Tentu akan ada manfaat yang didapat dari kedua pihak tersebut. Pertama, untuk pemilik usaha bisa memperlebar lagi cakupan wilayah pemasarannya agar bisnisnya semakin dikenal orang.

Lalu, manfaat yang akan didapat bagi pihak pemasar atau franchisee adalah akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain itu, franchisee tidak perlu lagi membangun brand baru karena bisa langsung memasarkan brand yang sudah ada. Model bisnis dan produknya pun bisa langsung mengikuti perusahaan dari franchisor.

Mengenal Jenis Waralaba di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada beberapa pembagian jenis waralaba. Pertama adalah berdasarkan barang yang ditawarkan. Jenis waralaba yang kedua adalah berdasarkan darimana negara asal perusahaan tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan berikut.

1. Berdasarkan barang yang ditawarkan

Waralaba Jasa

Waralaba ini berupa penawaran sebuah jasa. Biasanya jasa yang sering dijumpai diantaranya seperti laundry, kursus kendaraan, dan sebagainya.

Waralaba Produk

Contoh waralaba yang termasuk ke dalam jenis franchise produk di antaranya adalah makanan atau pakaian. Sudah ada banyak sekali perusahaan makanan atau pakaian yang tersebar di Indonesia yang menerapkan warabala produk tersebut.

Waralaba Gabungan

Maksud dari jenis warabala ini adalah gabungan antara penawaran sebuah produk sekaligus jasa. Penerapan warabala jenis ini bisa Anda temukan di beberapa tempat Spa dan sebagainya.

2. Dari Tempat Asalnya

Waralaba Mancanegara

Dari namanya saja Anda sudah pasti tahu bahwa bisnis waralaba yang satu ini berasal dari luar negeri dan beroperasi di Indonesia.

Waralaba dalam Negeri

Ini adalah waralaba yang benar-benar dibangun sendiri oleh pengusaha tanah air. Anda bisa bergabung dengan waralaba dalam negeri bila ingin terjun ke franchise yang satu ini.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise

Brand Sudah Dikenal Publik

Keuntungan yang pertama dalam menjalankan bisnis waralaba ini adalah brand produk tersebut sudah dikenal banyak orang. Anda tidak perlu pusing lagi terkait proses pemasaran karena tentu orang sudah banyak yang mengenali atau bahkan berlangganan terhadapnya.

Peluang Sukses Lebih Cepat

Karena brand dari perusahaan tersebut sudah banyak dikenal masyarakat, tentunya Anda juga akan lebih mudah mendapatkan konsumen. Jika ini terus berkembang, maka Anda bisa menjadi orang yang sukses dalam waktu singkat.

Manajemen Bisnis Sudah Tercipta Sejak Awal

Karena sudah memiliki strategi pemasaran yang baik sehingga mudah dikenal oleh masyarakat, manajemen bisnisnya pun pasti sudah ada sejak awal. Pihak franchisor pun pasti sudah sangat matang mengatur bisnis tersebut sehingga menghasilkan manajemen yang teratur. Disini, Anda tinggal mengikuti saja sistem yang ada tersebut, dan tidak perlu memikirkan sistem yang baru.

Manajemen Finansial Sudah Teratur

Karena manajemen bisnis sudah terencana dengan baik, terkait finansial pun juga demikian. Pemilik waralaba pun pasti telah mengatur sistem manajemen finansial sebaik mungkin sehingga Anda tidak perlu pusing lagi mencari sistem yang bisa diterapkan untuk mengatur hal tersebut.